kori'ah, Zeni (2024) STRATEGI MANAJEMEN RIAYAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA JAMA’AH DI MASJID ASY-SYARQOWI DESA PULUTAN KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
REVISI ZENI KORIAH OTW BUKU.pdf Download (3MB) |
|
Text
REVISI ZENI KORIAH OTW BUKU.pdf Download (3MB) |
|
Text
REVISI ZENI KORIAH OTW BUKU.pdf Download (3MB) |
|
Text
REVISI ZENI KORIAH OTW BUKU.pdf Download (3MB) |
|
Text
REVISI ZENI KORIAH OTW BUKU.pdf Download (3MB) |
|
Text
REVISI ZENI KORIAH OTW BUKU.pdf Download (3MB) |
|
Text
REVISI ZENI KORIAH OTW BUKU.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kori’ah, Zeni. 2024. Strategi Manajemen Riayah Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Jama’ah Di Masjid Asy-Syarqowi Desa Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negri Salatiga (UIN) Salatiga. Pembimbing: Rovi’in, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Manajemen Riayah, Meningkatkan Kualitas Jama’ah, Masjid Asy-Syarqowi Penelitian ini memeliki tujuan untuk mengetahui tentang strategi manajemen riayah dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah di Masjid Asy-Syarqowi Desa Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga dengan tujuan untuk perumusan strategi manajemen riayah yang telah di terapkan., yaitu: 1) Bagaimana starategi manajemen riayah di masjid asy-syarqowi, 2) Bagaimana pelayanan yang dapat meningkatkan kenyamanan di masjid asy-syarqowi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis dalam penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi manajemen yang di terapkan di masjid asy-syarqowi meliputi: 1) Perencanaan (Planing) dalam masjid asy-syarqowi dalam pemeliharaan fisk masjid (Riayah) dilakukan dengan cara denga cara pengusulan kemudian usulan tersebut ditampung dalam sebuah forum lalu di setujui atau tidaknya tergantung kesepakatan bersama, sebagai bentuk pelayanan di masjid asy-syarqowi. 2) Pengorganisasian (Organizing) dalam masjid asyarqowi dilakukan secara fleksibel dan semua berhak untuk mengusulkan, dan usulan tersebut nantinya akan di tindak lanjuti atau tidaknya tergantung pada nadzir yang ada di masjid tersebut. 3) Pelaksanaan (Actuating) dlam sebuah perencanaan dimasjid ini selalau mengutamakan pelayanan yang baik dengan cara memelihara kondisi sisik seperti kebersihan lingkungan sekitar baik dalam ataupun luar masjid. 4) Pengawasan (Countrolling) dalam melakukan pengawasan masjid asy-syarqowi melakukan dengan cara pendampingan terhadap jamaah supaya para jamaah merasa lebih diperlakukan dengan baik oleh pelayanan masjid Asy-Syarqowi. Dalam meningkatkan sebuah pelayanan bagi jamaah para takmir masjid meneydiakan fasilitas baik itu fasilitas dalam masjid ataupun luar masjid seperti menjaga kebersihan lingkungan juga merupakan sebuah pelayanan dan memberikan makanan ringan ketika ada suatu kegiata keagamaan lainnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 00:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 00:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21789 |
Actions (login required)
View Item |