PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN REFLECTIVE JOURNALING SHALAT DHUHA TERHADAP GROWTH MINDSET PADA SISWA DI MAN SALATIGA

Setiyaningrum, Yuli (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN REFLECTIVE JOURNALING SHALAT DHUHA TERHADAP GROWTH MINDSET PADA SISWA DI MAN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051 WISUDA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULI SETIYANINGRUM 23080200051.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiyaningrum, Yuli. 2024. Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Reflective Journaling Shalat Dhuha terhadap Growth Mindset pada Siswa di MAN Salatiga. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Andar Ifazatul Nurlatifah, M.Pd.I. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Reflective Journaling, Shalat Dhuha, Growth Mindset Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok dengan reflective journaling shalat dhuha terhadap growth mindset siswa di MAN Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN Salatiga, yang berjumlah 144 siswa, dengan sampel sebanyak 35 siswa dari kelas XI IPS 1 yang dipilih melalui teknik purposive sampling atas rekomendasi guru BK dan wali kelas. Kelompok eksperimen dipilih menggunakan teknik convenience sampling berdasarkan kesediaan siswa, di mana 10 siswa yang secara sukarela menunjukkan minat berpartisipasi dipilih sebagai subjek penelitian, sementara 25 siswa lainnya menjadi kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah skala psikologis growth mindset yang dikembangkan berdasarkan teori Dweck. Sebelum digunakan, instrumen ini diujicobakan kepada 70 responden, menghasilkan 32 item valid dan 8 item tidak valid, serta telah melalui proses judgment oleh dosen W dan dosen MR, yang merupakan ahli dalam bidang Bimbingan dan Konseling. Uji validitas dilakukan menggunakan korelasi Pearson, sementara uji reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,882. Analisis data melibatkan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dengan Shapiro-Wilk dan uji homogenitas dengan uji Levene. Untuk uji hipotesis, digunakan uji t-test, yaitu Independent Sample t-Test dan Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan reflective journaling shalat dhuha memiliki pengaruh terhadap growth mindset siswa di MAN Salatiga. Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-Test, nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,00 < 0,05 mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Ini menunjukkan bahwa intervensi yang diberikan memiliki pengaruh signifikan terhadap growth mindset siswa di MAN Salatiga. Selain itu, hasil uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen sebesar 0,00 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest dalam kelompok eksperimen. Hal ini menegaskan bahwa intervensi yang dilakukan secara signifikan berpengaruh terhadap growth mindset siswa setelah mengikuti bimbingan kelompok dengan reflective journaling shalat dhuha. Analisis per aspek menunjukkan bahwa pemanfaatan umpan balik mengalami transformasi paling cepat karena bersifat konkret dan langsung, sesuai dengan teori pembelajaran sosial. Aspek kemampuan berusaha, pantang menyerah untuk mencapai tujuan dan cita-cita, serta pengembangan diri melalui tantangan dan kegagalan memerlukan waktu lebih lama untuk berubah, sejalan dengan teori motivasi, teori ketangguhan (resilience), dan konsep growth mindset. Aspek yang paling sulit diubah adalah pandangan terhadap kesuksesan orang lain, yang terkait erat dengan konsep perbandingan sosial dan persepsi diri, sesuai dengan teori perbandingan sosial. Reflective journaling shalat dhuha menggabungkan praktik spiritual dan reflektif, memanfaatkan ketenangan setelah shalat dhuha untuk mengeksplorasi dan memperkuat growth mindset siswa. Individu dengan growth mindset percaya bahwa kemampuan dapat dikembangkan melalui usaha, pembelajaran, dan ketekunan, yang dapat didukung oleh reflective journaling shalat dhuha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2024 17:21
Last Modified: 22 Oct 2024 17:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21802

Actions (login required)

View Item View Item