ZAKIYAH, ANIS (2024) PENDIDIKAN MENTAL SPIRITUAL DAN ENTREPRENEURSHIP PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL FURQON PAMOTAN KABUPATEN REMBANG TAHUN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI ANIS ZAKIYAH 23010170006.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI ANIS ZAKIYAH 23010170006.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI ANIS ZAKIYAH 23010170006.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Zakiyah, Anis. 2024. Pendidikan Mental Spiritual dan Entrepreneurship pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Furqon Pamotan Kabupaten Rembang Tahun 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan, Mental spiritual, Entrepreneurship, Pesantren Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan mental spiritual di pesantren, pelaksanaan pendidikan entrepreneurship di pesantren, dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan mental spiritual dan entrepreneurship di pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah pengasuh, ustaz/ustazah, dan santri pondok pesantren Nurul Furqon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui 4 tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pendidikan mental spiritual di pondok pesantren Nurul Furqon memiliki tujuan untuk membentuk pribadi santri yang beriman, bertakwa, mandiri, tangguh, dan bermoral. Pelaksanaan kegiatan pendidikan mental spiritual meliputi: Shalat jamaah, Shalat Dhuha, Shalat Tahajud, Shalat Jumat, belajar i’rabul Qur’an, pembinaan tahsin, khitabah, pembacaan Yasin dan Tahlil, dan organisasi. Metode yang digunakan dalam pendidikan mental spiritual yaitu: metode keteladanan, metode latihan dan pembiasaan, metode nasihat, metode kedisiplinan, metode tadabur alam, dan metode targhib wa tarhib. Evaluasi pendidikan mental spiritual yaitu dengan melakukan pendampingan oleh mentor konseling dan dibuatkan buku laporan perkembangan kepribadian atau karakter santri. 2) Pendidikan entrepreneurship di pondok pesantren Nurul Furqon memiliki tujuan untuk membekali santri agar berjiwa entrepreneur dan skill kewirausahaan Pelaksanaan kegiatan pendidikan entrepreneurship dilakukan dengan cara: memberikan konsep dasar entrepreneurship, keterampilan teknis, dan keterampilan non teknis. Metode yang digunakan dalam pendidikan entrepreneurship yaitu dengan melakukan pembelajaran di kelas, praktik langsung, dan pembicara tamu. Evaluasi pendidikan mental spiritual dilakukan dengan dibuatkan buku laporan dalam aspek kewirausahaan baik teori maupun praktiknya.3) Faktor pendukung pendidikan mental spiritual dan pendidikan entrepreneurship di pondok pesantren Nurul Furqon meliputi: visi dan misi pondok yang jelas, kurikulum yang terstruktur, tenaga pendidik yang terstruktur, sarana dan prasarana yang memadai, dukungan orang tua santri, dan kerja sama dengan pihak luar. Faktor penghambat pendidikan mental spiritual dan entrepreneurship di pondok pesantren Nurul Furqon meliputi: biaya, cuaca, dan pergantian ustaz/ustazah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 17:25 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 17:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21803 |
Actions (login required)
View Item |