Lestari, Siti Karomah (2024) PEMBINAAN KARAKTER MELALUI INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNANETRA DI SMP YPALB KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SITI KAROMAH LESTARI 23010170021.pdf Download (2MB) |
|
Text
SITI KAROMAH LESTARI 23010170021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Lestari, Siti Karomah. 2024. Pembinaan Karakter melalui Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunanetra di SMP YPALB Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Tahun 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sya’ban Maghfur, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembinaan Karakter, Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Tunanetra Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Menggali informasi tentang pembinaaan karakter melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak tunanetra di SMP YPALB Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, 2) Mendiskripsikan hasil dari pembinaan karakter melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak tunanetra di SMP YPALB Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala Yayasan, guru dan siswa tunanetra di SMP YPALB Cepogo. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembinaan Kararakter melalui Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SMP YPALB Cepogo meliputi Nilai Aqidah Pembiasaan yang dilakukan adalah dengan aktivitas yang dilakukan siswa seperti berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran serta menghafalkan surah-surah pendek. Nilai Akhlak Salah satu ktivitas yang dilakukaan adalah dengan membiasakan anak untuk bersalaman dengan guru. Nilai Ibadah lebih menekankan pada kewajiban sholat lima waktu, dan sholat sunah yaitu dengan pelaksanaan sholat duha dan sholat dzuhur berjamaah.2) Hasil dari pembinaan karakter melalui internalisasi nilai-nilai Pendidikan agama Islam pada anak tunanetra di SMPLB YPALB adalah Meningkatkan pemahaman Agama, Meningkatkaan perubahan sikap dan perilaku menjadi lebih baik, dan meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik. Faktor pendukung pembinaan karakter melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam di SMP YPALB Cepogo adalah adanya kegiatan keagamaan, dukungan dari orang tua, Kerjasama seluruh warga sekolah, adanya tata tertib, dan juga sarana yang mendukung. Adapun faktor penghambat adalah pergaulan dilingkungan luar sekolah dan kondisi dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 19:56 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 19:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21817 |
Actions (login required)
View Item |