PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JATILAWANG WONOSAMUDRO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024

Azizah, Muflihatun Nurul (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JATILAWANG WONOSAMUDRO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripzi Azizah 2.pdf

Download (7MB)

Abstract

Azizah, Nurul Muflihatun. 2024. Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 2 Jatilawang Wonosamudro Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah Universitas Islam Nngeri Salatiga. Pembimbing Dr. Sari Famularsih, M.Pd. Kataa Kunci: Strategi , Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 2 Jatilwang tahun ajaran 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD N 2 Jatilawang yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing tediri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi pada tiap siklusnya. Metode pengumpulan data penelitian ini berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar setiap siklus ditandai dengan peningkatan indikator keberhasilan individual berdasarkan Kriteia Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang sudah ditetapkan disekolah sebesar 70 dan kriteria keberhasilan Kasikal sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD N 2 Jatilawang tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang memperoleh nilai rata-rata 52,75 dengan jumlah sebanyak 5 siswa dengan presentase (25%) yang telah tuntas belajar. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata 68 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan presentase (65%) sedangakan pada siklus II diperoleh rata-rata 84,5 dengan 18 siswa dengan presentase (90%) siswa tuntas belajar. Dengan demikian, hasil belajar siswa yang diperoleh dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan 25%. Sedangkan peningkatan ketuntasan hasil belajar pra siklus ke siklus II mencapai 65%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2024 20:46
Last Modified: 22 Oct 2024 20:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21825

Actions (login required)

View Item View Item