fauziah, Farah (2024) PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DAN DAMPAKNYA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI FARAH FAUZIAH.pdf Download (5MB) |
Abstract
Fauziah, Farah. 2024. Penerapan Sistem Full day school di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga pada Interaksi Sosial Siswa dengan Teman Sebaya di Lingkungan Masyarakat. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : MS Viktor Purhanudin, M.Pd. Kata Kunci: Full day school, Interaksi Sosial, Teman Sebaya Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan sistem full day school di SD Muhammadiyah Plus Salatiga, 2) untuk mengetahui bentuk interaksi sosial siswa di lingkungan masyarakat, dan 3) untuk mengetahui dampak penerapan sistem full day school di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga pada interaksi sosial siswa dengan teman sebaya di lingkungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber dalam penelitian ini antara lain sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yaitu hasil wawancara dari kepala sekolah, guru kelas IV, Orang tua kelas IV dan tiga siswa. Sumber sekunder dalam penelitian ini berupa dokumentasi kegiatan terkait profil instansi sekolah, lingkungan sekolah, prestasi sekolah, dan fasilitas sekolah. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem full day school di SD Muhammadiyah Plus Salatiga dilaksanakan setiap hari senin sampai jumat dimulai pada pukul 07.00 hingga 14.30 WIB. SD Muhammadiyah Plus dalam sistem full day school memiliki beberapa kegiatan diantaranya terbagi menjadi tiga kategori yaitu kegiatan pembelajaran di dalam kelas, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasaan. Pelaksanaan sistem full day school di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga ini memiliki starategi yang dilakukan yakni perencanaan kurikulum yang matang, pembiasaan, partisipasi orang tua, pengawasan dan evaluasi. Adapun bentuk interaksi sosial siswa dengan teman sebaya yaitu interaksi asosiatif dan interaksi disosiatif, dari fenomena di lapangan peneliti menemukan bentuk khusus diantaranya: Kerjasama, persaingan dan pertikaian. Adapun dampak penerapan sistem full day school pada interaksi sosial siswa dengan teman sebaya di lingkungan masyarakat yaitu terdapat dampak positif dan negatif. Dampak positifnya yaitu siswa menjadi lebih berperilaku positif, siswa menjadi lebih disiplin, tertib dan bertanggung jawab akan waktu dalam melaksanakan aktiviats sehari-hari, terhindar dari penyimpangan karena seharian berada di sekolah dan dalam pengawasan guru . Untuk dampak negatifnya yaitu rasa malas dan menurunnya semangat siswa, berinteraksi di lingkungan masyarakat berkurang, serta minimnya waktu bermain di rumah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 20:57 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 20:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21834 |
Actions (login required)
View Item |