, Lailatul Mukarromah (2024) IMPLEMETASI AKTIVITAS KEAGAMAAN DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA MTS AL USWAH BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Lailatul M_23010190445.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lailatul M_23010190445.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lailatul M_23010190445.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lailatul M_23010190445.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lailatul M_23010190445.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Mukarromah, Lailatul. 2024. Implementasi Aktivitas Keagamaan dan Sikap Patriotisme pada Siswa MTs. Al-Uswah Bergas Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci: Aktivitas, Keagamaan, Patriotisme Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi aktivitas keagamaan dan sikap patriotisme serta faktor pendukung dan penghambat implementasi aktivitas keagamaan dan sikap patriotisme pada siswa MTs. Al Uswah Bergas kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kesiswaa, koordinator pramuka, guru PKN, koordinator keagamaan dan siswa MTs. Al Uswah Bergas. Dalam analisis data penelitian menggunakan empat tahapan, yakni: pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi aktivitas keagamaan disekolah meliputi tadarus al qur’an berupa BTA,sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, istighosah, tahli, dan sedekah, serta program unggulan berupa kelas tahfidz (2) sikap patriotisme melalui kegiatan OSIS, pleton inti, kepramukaan,galang dana,PMI, dan upacara. (3) Faktor pendukung dalam implementasi aktivitas keagamaan yaitu guru ikut berpartisipasi dalam aktivitas keagamaan, sarana dan prasarana yang baik, adanya jadwal aktivitas keagamaan, presensi aktivitas keagamaan yang baik. Faktor penghambatnya, lingkungan anak yang kurang mendukung, adanya sebagian siswa yang kurang semangat dan sebagian siswa yang kurang sadar melaksanakan aktivitas keagamaan. (4) Faktor pendukung dalam sikap patriotisme yaitu siswa mengikuti kegiatan patriotisme, motivasi guru kepada siswa, dan pengamalan nilai pancasila. Faktor penghambatnya, adanya sebgian siswa yang kurang responsive dan disiplin, pengaruh budaya luar, dan kurangnya tanggungjawab sebagian siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 21:21 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 21:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21839 |
Actions (login required)
View Item |