Sinawang, Awalia Cahyo Bias (2024) PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENYIMAK DONGENG FABEL DI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SD ISLAM AR-RAHMAH SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Awalia C.B.S. Penggunaan Media Animasi Materi Fabeel.pdf Download (8MB) |
|
Text
Skripsi Awalia C.B.S. Penggunaan Media Animasi Materi Fabeel.pdf Download (8MB) |
Abstract
Sinawang, Awalia Cahyo Bias. 2024. Penggunaan Media Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menyimak Dongeng Fabel di Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SD Islam Ar-Rahmah Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikkan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Imam Mas Arum, M. Pd. Kata Kunci: Media Animasi, Hasil Belajar, Keterampilan Menyimak, Dongeng, Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi menyimak dongeng di mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media animasi pada siswa kelas III SD Islam Ar-Rahmah Suruh Kabupaten Semarang tahun ajaran 2023/2024. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar materi menyimak dongeng fabel di mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Islam Ar-Rahmah Suruh Kabupaten Semarang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama II siklus untuk menjawab masalah yang terjadi. Terdapat empat tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelakanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III C SD Islam Ar-Rahmah Suruh, yang terdiri dari 24 siswa, 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran animasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media animasi dapat meningkatkan hasil belajar materi menyimak dongeng fabel di mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Islam Ar-Rahmah melalui lembar observasi dan tes tertulis. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan penelitian dari tahap pra siklus sampai siklus II. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata ketuntasan yang diperoleh adalah 59,70 atau 20%. Siswa yang tuntas berjumlah 5 orang dan yang belum tuntas berjumlah 19 orang. Pada tahap siklus I meningkat sebesar 42,5%. Nilai rata-rata ketuntasan yang diperoleh adalah 79,66 atau 62,5%. Siswa yang tuntas berjumlah 14 orang dan yang belum tuntas berjumlah 10 orang. Kemudian mengalami peningkatan kembali secara signifikan sebesar 25% pada siklus II dengan nilai rata-rata ketuntasan 87,88 atau 87,5%. Siswa yang tuntas berjumlah 21 orang dan yang belum tuntas berjumlah 3 orang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 15:31 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 15:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21892 |
Actions (login required)
View Item |