PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA ALAT PERAGA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Zahro, Siti Putri Fatimatuz (2024) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA ALAT PERAGA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI PUTRI FATIMATUZ ZAHRO-23060200036.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SITI PUTRI FATIMATUZ ZAHRO-23060200036.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SITI PUTRI FATIMATUZ ZAHRO-23060200036.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Zahro, Siti Putri F. 2024. Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Media Alat Peraga Menggunakan Model Discovery Learning Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Ilmu Pengertahuan Alam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Kata Kunci : Model Discovery Learning, Nilai Belajar Siswa, dan SMP N 7 Salatiga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan media alat peraga menggunakan model Discovery Learning materi klasifikasi makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan penelitian ini adalah perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga Tahun memperoleh nilai ≥ KKM 76 dengan persentase ketuntasan sebesar 40 % siswa yang pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal, dan lembar observasi. Analisis data dengan menggunakan statistik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan model Discovery Learning menggunakan media alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana dengan perolehan hasil pada siklus I menggambarkan bahwa dari 30 siswa hanya 12 orang siswa yang tuntas. Setelah diberikan tindakan pada siklus siklus II, ternyata terjadi peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih besar sama dengan KKM 76 yaitu sebanyak 25 orang siswa dari jumlah total 30 orang siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 83%. Nilai rata-rata kelas yang dapat dicapai pada siklus I yaitu sebesar 67,7 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 70.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:38
Last Modified: 25 Oct 2024 06:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21986

Actions (login required)

View Item View Item