PENGARUH KELEKATAN TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP REGULASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 12 BOYOLALI

listiyani, Aryani (2024) PENGARUH KELEKATAN TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP REGULASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 12 BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Aryani Listiyani 43040180129.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Aryani Listiyani 43040180129.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Aryani Listiyani 43040180129.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Aryani Listiyani 43040180129.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Aryani Listiyani 43040180129.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Aryani Listiyani 43040180129.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Listiyani, Aryani. (2024). Pengaruh Kelekatan Teman Sebaya dan Konsep Diri Terhadap Regulasi Diri Siswa Kelas VIII MTs Negeri 12 Boyolali. Skripsi. Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Muna Erawati, M. Si. Kata Kunci: Kelekatan Teman Sebaya, Konsep Diri, Regulasi Diri, Siswa Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kelekatan teman sebaya terhadap regulasi diri pada siswa kelas VIII MTs Negeri 12 Boyolali. 2) mengetahui pengaruh konsep diri terhadap regulasi diri pada siswa kelas VIII MTs Negeri 12 Boyolali. 3) mengetahui pengaruh kelekatan teman sebaya dan konsep diri terhadap regulasi diri pada siswa kelas VIII MTs Negeri 12 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kuantitatif korelasional. Responden penelitian berjumlah 63 siswa kelas VIII MTs Negeri 12 Boyolali. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, skala kelekatan teman sebaya, skala konsep diri, dan skala regulasi diri. Dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) kelekatan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap regulasi diri siswa kelas VIII MTs Negeri 12 Boyolali, dengan nilai t hitung>t tabel (3,266>2,000) dengan nilai sig=0,002<0,05. 2) terdapat pengaruh konsep diri terhadap regulasi diri pada siswa kelas VIII MTs Negeri 12 Boyolali, dengan nilai t hitung>t tabel (4,740>2,000) dengan nilai sig=0,000<0,05. 3) kelekatan teman sebaya dan konsep diri berpengaruh secara bersama-sama terhadap regulasi diri siswa kelas VIII MTs Negeri 12 Boyolali, dengan f hitung sebesar 14,435 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05; R square sebesar 6,383 dan koefisien determinasi sebesaar 30,2%. Dengan demikian hipotesis yang mengatakan “apakah terdapat pengaruh secara bersama-sama antara kelekatan teman sebaya dan konsep diri terhadap regulasi diri pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 12 Boyolali” diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2024 16:41
Last Modified: 25 Oct 2024 16:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21998

Actions (login required)

View Item View Item