KHAIRUNISA, SALIS (2024) PERSEPSI GURU MENGENAI METODE PEMBELAJARAN SHARED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI TUNTANG 01. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Salis Khairunisa 23040200045 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
Salis Khairunisa 23040200045 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
Salis Khairunisa 23040200045 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
Salis Khairunisa 23040200045 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
Salis Khairunisa 23040200045 PGMI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Khairunisa, Salis. 2024. Persepsi Guru Mengenai Metode Shared Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri Tuntang 01. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: MS Viktor Purhanudin, M. Pd. Kata Kunci : Persepsi Guru; Metode Shared Reading Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru SD Negeri Tuntang 01 mengenai pelaksaan metode Shared Reading, untuk mengetahui bentuk metode Shared Reading, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode Shared Reading dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Tuntang 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yaitu hasil wawancara dari kepala sekolah, operator, dan guru kelas V. Sumber sekunder dalam penelitian ini berupa dokumentasi kegiatan belajar mengajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru mengenai metode pembelajaran Shared Reading pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Tuntang 01 menjelaskan metode Shared Reading memudahkan siswa untuk memahami isi bacaan dengan cara siswa diminta membaca untuk berbagi. Bentuk metode pembelajaran Shared Reading pada mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi tahap prabaca yang berisi kegiatan bertukar cerita, tahap membaca, dan tahap pascabaca berisi penugasan atau presentasi. Kelebihan metode Shared Reading pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Tuntang 01 antara lain, siswa lebih mudah memahami bacaan, menjadikan siswa termotivasi, siswa menjadi lebih aktif, dan melatih keberanian siswa. Sedangkan kekurangan metode Shared Reading pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Tuntang 01 adalah siswa yang pasif cenderung kesulitan untuk berbagi cerita, siswa menjadi rendah diri melihat teman- temannya yang lain lebih aktif, dan kondisi kelas dapat menjadi tidak kondusif pada saat kegiatan presentasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:39 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 03:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22079 |
Actions (login required)
View Item |