Muzakiyah, Ulfa (2024) PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Ulfa Muzakiyah_23060200030_SKRIPSII.pdf Download (2MB) |
Abstract
Muzakiyah, Ulfa. 2024. Pengembangan LKPD Terintegrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Discovery Learning pada Materi Unsur, Senyawa dan Campuran untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: LKPD; Dimensi Profil Pelajar Pancasila; Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) analisis kebutuhan pengembangan LKPD terintegrasi dimensi profil pelajar pancasila berbasis discovery learning pada materi unsur, senyawa dan campuran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin; 2) kelayakan LKPD terintegrasi dimensi profil pelajar pancasila berbasis discovery learning pada materi unsur, senyawa dan campuran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin; 3) kepraktisan LKPD terintegrasi dimensi profil pelajar pancasila berbasis discovery learning pada materi unsur, senyawa dan campuran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE yaitu model pengembangan dengan 5 tahapan yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini sampai pada tahap evaluation, namun dibatasi hanya sampai evaluasi hasil kepraktisan peserta didik skala kecil. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket validasi dan angket respon. Angket validasi dan respon disajikan dengan skala Likert kategori skala 1-4. Lembar angket validasi digunakan untuk memperoleh penilaian kelayakan dan kepraktisan LKPD terintegrasi dimensi profil pelajar pancasila berbasis discovery learning. Angket respon digunakan untuk memperoleh respon peserta didik terhadap LKPD terintegrasi dimensi profil pelajar pancasila berbasis discovery learning. Hasil penelitian ini yaitu, 1) hasil analisis kebutuhan guru yaitu guru telah menggunakan LKPD dalam pembelajaran namun hanya berisi soal latihan saja dan membutuhkan LKPD dengan inovasi terbaru. Hasil analisis kebutuhan peserta didik yaitu peserta didik membutuhkan LKPD yang menarik pada materi unsur, senyawa dan campuran. 2) Hasil uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh persentase 98% termasuk dalam kategori sangat layak, ahli media memperoleh persentase 98% termasuk kategori sangat layak. 3) Hasil uji kepraktisan oleh 3 guru memperoleh persentase 99% dengan kategori sangat praktis, hasil angket respon peserta didik sejumlah 36 anak terhadap kepraktisan LKPD memperoleh persentase 83% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:28 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 04:28 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22081 |
Actions (login required)
View Item |