diaswara, Renika rizky (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN BANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP LIMA KINGDOM KELAS VII SMPN 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
RENIKA RIZKY DIASWARA - 034.pdf Download (9MB) |
|
Text
RENIKA RIZKY DIASWARA - 034.pdf Download (9MB) |
|
Text
RENIKA RIZKY DIASWARA - 034.pdf Download (9MB) |
|
Text
RENIKA RIZKY DIASWARA - 034.pdf Download (9MB) |
Abstract
Diaswara, Renika Rizky. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Bantuan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom Kelas VII SMPN 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Group Investigation, Flash Card, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desrkripsi hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup lima kingdom dengan penerapan model pembelajaran group investigation berbantuan media Flash Card pada siswa kelas VII SMPN 2 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024 dan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran group investigation berbantuan media Flash Card terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup lima kingdom kelas VII SMPN 2 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model penelitian true experiment dan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Salatiga. Sampel yang diteliti diambil secara cluster random sampling dan diperoleh 2 kelas yakni kelas VII D (kelas kontrol) dan kelas VII E (kelas eksperimen). Instrumen pada penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda dan lembar observasi. Soal tes sebelumnya diuji keabsahan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat taraf kesukaran, dan uji daya pembeda soal. Data yang diperoleh dari penelitian ini di analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji independent sample T-test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran group investigation dengan media flash card efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan hasil analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test diperoleh thitung (7,030) > ttabel (1,999) dan memiliki nilai Sig.(2-tailed) (0,00) < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, hasil observasi keterlaksanaan kelas menunjukkan hasil sebesar 92% yang berarti proses pembelajaran dengan model group investigation dengan media flash card terlaksama dengan baik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 06:04 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 06:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22085 |
Actions (login required)
View Item |