lu'luatin, Nafa'a (2024) Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Contingency untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 2 Grabag Kabupaten Magelang Tahun 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi revisi-3.pdf Download (1MB) |
Abstract
Atin.N. Lulu.2024. Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Contingency untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 2 Grabag Kabupaten Magelang 2023. Skripsi. Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti.M,Si Kata Kunci: Layanan Konseling kelompok, Contingency, Kedisiplinan Tujuan Penelitian adalah : 1) untuk mendiskripsikan gambaran kedisiplinan siswa SMA Negeri 2 Grabag. 2) untuk mendeskripsikan konseling kelompok dengan teknik contingency untuk meningkatkan kedisiplinan. 3) untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan teknik contingency untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan control grup pretest posttest design. Pelaksanaan kegiatan konseling kelompok dilakukan secara purpovise sampling dan random sampling untuk pengambilan sampel dengan adanya kriteria tertentu. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa yang memiliki kedisiplinan rendah. Pengumpulan data ini menggunakan kuisioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa sebelum diberikannya layanan konseling kelompok dengan teknik contingency memiliki kedisiplinan rendah, setelah diberikannya layana konseling kelompok dengan teknik contingency mengalami peningkatan menjadi tinggi pada salah satu kelas yaitu kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang menunjukkan skor rata-rata dari kedua kelas untuk kelas eksperimen memiliki skor rata-rata pretest adalah 112,4 dan untuk kelas kontrol skor rata-rata pretest adalah 113,13 , sedangkan untuk skor posttest untuk kelas eksperimen adalah 131,3 dan untuk kelas kontrol adalah 117,2, maka hasil dari kedua kelas tersebut yang mengalami peningkatan terdapat di kelas eksperimen. Maka dapat disimoulakn bahwa kedisiplinan siswa mengalami peningkatan setelah diberikan layana konseling kelompok dengan teknik contingency sehingga layanan tersebut efektif. Selain itu juga dibutikan melalui uji sampel paired tes dengan doperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 17:28 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 17:28 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22109 |
Actions (login required)
View Item |