JUAL BELI RATING PRODUK PADA APLIKASI SHOPEE DALAM PERSPEKTIF SADD AL-DZARI’AH

nugroho, Yanuar setyo (2024) JUAL BELI RATING PRODUK PADA APLIKASI SHOPEE DALAM PERSPEKTIF SADD AL-DZARI’AH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
yanuar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
yanuar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
yanuar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
yanuar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
yanuar.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Yanuar Setyo Nugroho. 2024. Jual Beli Rating Produk Pada Aplikasi Shopee Dalam Perspektif Sadd Al-Dzari’ah. Skripsi. Hukum Ekonomi Syari'ah Fakultas Syari'ah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Endang Sriani, S.H.I, M.H. Kata kunci: Jual Beli, Rating, Aplikasi Shopee, Sadd Al-Dzari’ah Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin banyaknya produk toko pada aplikasi shopee yang menggunakan jasa jual beli rating untuk menaikkan rating pada produk tersebut. Persaingan toko pada aplikasi shopee semakin kuat dan ketat. Dalam perkembangan zaman yang sangat pesat dan semakin modern pada saat ini mendorong berbagai macam perubahan sistem, seperti contohnya sistem perdagangan. Salah satu model perdagangan tersebut melalui aplikasi Shopee yang menjadi fokus penelitian pada penulis. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Praktik Jual Beli Rating pada Aplikasi Shopee. 2) Bagaimana Jual Beli Rating Produk Pada Aplikasi Shopee Dalam Perspektif Perspektif Sadd Al-Dzari’ah. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (field research). Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data yang berbentuk analisa yang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan dan membuang data yang tidak perlu sehingga dapat ditarik kesimpulan finalnya. Penelitian ini menggunakan tehnik Triangulasi. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual beli rating ini penyedia jasa menggunakan banyak akun dalam proses pembelian produk. Produk yang sudah dipesan seperti metode pemesanan pada umumnya dan pada saat sampai pada pembeli, produk tersebut akan diberi rating yang tinggi atau lima. Dalam konsep sadd al-dhari’ah jika suatu perbuatan itu membawa kepada yang buruk maka perbuatan itu harus dilarang tanpa peduli kepada niat pelaku tetapi pandangan diarahkan pada hasil atau dampak akibat perbuatannya. Adapun jenis dhari’ah terhadap bentuk jual beli tersebut adalah dhari’ah yang secara pasti dan meyakinkan akan membawa kepada mafsadah, karena secara jelas dan pasti perbuatan toko yang menggunakan jasa menaikkan rating tersebut sangat merugikan para pembeli atau konsumen shopee jika barang yang di perjual belikan pada aplikasi tidak sesuai dengan apa yang tertera pada keterangan produk maupun dari hasil ulasan dan rating palsu serta merugikan pihak usaha toko yang lain yang menggunakan cara yang benar dan alami tanpa menggunakan jasa menaikkan rating serta pemilik toko yang menggunakan jasa rating juga melanggar aturan pada aplikasi shopee yang menggunakan jasa jual beli rating sebagai sarana menaikkan rating secara instan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2024 20:02
Last Modified: 28 Oct 2024 20:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22134

Actions (login required)

View Item View Item