PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PROJECT BASED LEARNING DENGAN LKPD MATERI BUMI DAN TATA SURYA KELAS VII G SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

hidayatulloh, Syarif (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PROJECT BASED LEARNING DENGAN LKPD MATERI BUMI DAN TATA SURYA KELAS VII G SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SYARIF HIDAYATULLOH 23060200027 NEW_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SYARIF HIDAYATULLOH 23060200027 NEW_compressed.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hidayatulloh, Syarif. 2024. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Project Based Learning dengan LKPD Materi Bumi dan Tata Surya Kelas VII G SMP Negeri 7 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Project Based Learning; LKPD; Bumi dan Tata Surya Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran PjBL dengan LKPD pada materi bumi dan tata surya kelas VII G SMP Negeri 7 Salatiga pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di dalam kelas untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VII G SMP Negeri 7 Salatiga yang dengan total 32 orang, dengan jumlah 16 peserta didik perempuan serta 16 peserta didik laki-laki. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran IPA di SMP Negeri 7 Salatiga ditetapkan sebesar 76. Penelitian ini menunjukkan pembelajaran berbasis proyek dengan LKPD bumi dan tata surya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII G di SMP Negeri 7 Salatiga. Hasil belajar pada siklus I sebanyak 10 peserta didik (31,25%) tuntas dan 22 peserta didik tidak tuntas (68,75%), rata-rata skor yang diraih yaitu 67,8. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus II yaitu 28 peserta didik (87,5%) tuntas dan 4 peserta didik (12,5%) tidak tuntas, rata-rata skor yang diraih yaitu 88,4. Persentase peningkatan hasil belajar IPA kelas VII G dari siklus I ke siklus II yaitu 20,6%. Penelitian berhenti pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan belajar peserta didik yang telah ditentukan sebesar ≥85% dari seluruh peserta didik satu kelas dengan KKM yang ditentukan sekolah sebesar 76.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2024 20:33
Last Modified: 28 Oct 2024 20:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22140

Actions (login required)

View Item View Item