NUROHMAH, ALVI (2024) STRATEGI PEMBINAAN KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB BERIBADAH SALAT FARDHU SISWA SMP NEGERI 1 BULU KABUPATEN TEMANGGUNG 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
FINAL Skripsi ALVI NUROHMAH Cetak.pdf Download (1MB) |
|
Text
FINAL Skripsi ALVI NUROHMAH Cetak.pdf Download (1MB) |
|
Text
FINAL Skripsi ALVI NUROHMAH Cetak.pdf Download (1MB) |
|
Text
FINAL Skripsi ALVI NUROHMAH Cetak.pdf Download (1MB) |
|
Text
FINAL Skripsi ALVI NUROHMAH Cetak.pdf Download (1MB) |
|
Text
FINAL Skripsi ALVI NUROHMAH Cetak.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nurohmah, Alvi. 2024. Strategi Pembinaan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Beibadah Salat Fardhu Siswa SMP N 1 Bulu Kabupaten Temanggung. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Maslikhah, S.Ag., M. Si Kata Kunci : Salat, Kedisiplinan, Tanggung jawab Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi pembinaan kedisiplinan dan tanggung jawab beribadah salat fardhu siswa SMP N 1 Bulu Kabupaten Temanggung, mengetahui kesulitan yang yang dihadapi guru dalam pembinaan kedisiplinan dan tanggung jawab beribadah siswa SMP N 1 Bulu Kabupaten Temanggung, serta mengetahui solusi yang diberikan untuk mengatasi kesulitan pembinaan kedisiplinan dan tanggung jawab beribadah salat fardhu siswa SMP N 1 Bulu Kabupaten Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. sumber data meliputi data primer diperoleh melalui wawancara dengan 2 guru PAI dan Ketua Takmir Masjid Bitussalam tentang strategi pembinaan kedisiplinan dan tanggung jawab dalam beribadah salat fardhu bagi siswa SMP N 1 Bulu Kabupaten Temanggung. Data sekunder pada penelitian dengan menggunakan foto-foto, data, dan dokumen-dokumen di SMP N 1 Bulu Temanggung yang terkait dengan pembinaan kedisiplinan dan tanggung jawab beribadah salat fardhu siswa SMP N 1 Bulu Kab. Temanggung. Temuan penelitian 1) strategi dalam proses pembinaan kedisiplinan beribadah melalui salat fardhu salat Dzuhur berjamaah, pembiasaan salat fardhu siswa di rumah, membaca Asmaul husna, Tadarus Al-Quran, membaca bacaan salat fardhu, santapan rohani, pembacaan Yaasin, dan peringatah hari besar Islam; 2) Strategi dalam menanamkan karakter tanggung jawab yaitu pemberian sanksi upaya untuk memberikan efek jera; 3) Kesulitan dalam pembinaan kedisiplinan beribadah salat fardhu yaitu kurangnya kesadaran siswa mengenai kewajiban melaksanakan salat fardhu, kurangnya pengawasan dari Bapak/Ibu guru, masih banyak siswa yang membolos saat tiba waktu salat Dzuhur berjamaah; 4) Kesulitan dalam pembentukan karakter tanggung jawab masih banyak siswa yang melanggar aturan, kurangnya kesadaran dari dalam diri siswa serta kurangnya pengawasan dari guru dalam pelaksanaan kegiatan; 5) Solusi yang diberikan untuk mengatasi kesulitan pembinaan kedisiplinan beribadah salat fardhu adanya presensi setelah pelaksanaan salat Dzuhur berjamaah, dibentuknya petugas ketertiban, bekerja sama dengan wali kelas dan guru yang mengajar di jam terakhir untuk mengarahkan dan memastikan siswa melaksanakan salat berjamaah; 6) Solusi yang diberikan untuk mengatasi kesulitan dalam membentuk karakter tanggung jawab yaitu adanya himbauan dari wali kelas untuk, pemberian sanksi kepada siswa yang melanggar aturan, dan dibentuknya petugas ketertiban
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:21 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22171 |
Actions (login required)
View Item |