PENERAPAN METODE KARYAWISATA DALAM PERKEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK UISA DINI KELOMPOK B DI TK 'AISYIYAH PEMBINA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

, Marthatia Maulina (2024) PENERAPAN METODE KARYAWISATA DALAM PERKEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK UISA DINI KELOMPOK B DI TK 'AISYIYAH PEMBINA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI PENERAPAN METODE KARYAWISATA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI PENERAPAN METODE KARYAWISATA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI PENERAPAN METODE KARYAWISATA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Maulina, Marthatia, 2024. Penerapan Metode Karyawisata Dalam Perkembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B di TK ‘Aisyiyah Pembina Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Jurusan Guru Kelas Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Ghaida Zukhruf Tsaniyatsaini, M.Pd. Kata Kunci: metode karyawisata dan kecerdasan sosial emosional Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode karyawisata di TK ‘Aisyiyah Pembina Salatiga, bagaimana kecerdasan sosial emosional anak usia dini kelompok B di TK ‘Aisyiyah Pembina Salatiga, serta faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode karyawisata dalam perkembangan kecerdasan sosial emosional anak usia dini kelompok B di TK ‘Aisyiyah Pembina Salatiga. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus berjenis penelitian kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini terdapat 2 variabel, yaitu metode karyawisata sebagai variabel bebas, perkembangan kecerdasan sosial emosional sebagai variabel terikat. Pengumpulan data yang dilakukan, yaitu dengan mengadakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode karyawisata dalam perkembangan kecerdasan sosial emosional anak usia dini dimulai dengan tahap perencanaan pada tahap ini guru membuat RPP dan menentukkan tempat wisata, pelaksanaan dilakukan dengan pembukaan, kegiatan inti serta penutup dan tindak lanjut, anak diberi kesempatan untuk menceritakan kembali setelah mengikuti karyawisata. Berdasarkan hasil penelitian pada penerapan metode karyawisata diperoleh data bahwa dari 31 siswa, terdapat 61% dalam kategori senang. Perkembangan kecerdasan sosial emosional anak dapat dijelaskan anak mampu mengembangangkan interaksi sosial dan kemampuan mengelola emosional, bahwa dari 31 siswa, 74% dalam kategori cukup. Faktor pendukung penerapan metode karyawisata dengan pelaksanaan program pembelajaran karyawisata mampu menjadikan sekolah TK ‘Aisyiyah Pembina Salatiga menjadi lebih maju dan berkembang. Faktor pendukung perkembangan kecerdasan sosial emosional anak antusias anak sangat tinggi pada setiap hal baru yang mereka temukan. Faktor penghambat penerapan metode karyawisata cuaca dan lokasi tempat yang akan dijadikan tempat tujuan karyawisata kurang mempunyai nilai edukasi dan pemandu karyawisata yang kurang komunikatif. Sehingga dapat dikatakan bahwa, semakin sering dilakukan penerapaan metode karyawisata maka semakin berpengaruh pula pada perkembangan kecerdasan sosial emosional anak usia dini kelompok B siswa TK ‘Aisyiyah Pembina Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2024 14:11
Last Modified: 29 Oct 2024 14:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22187

Actions (login required)

View Item View Item