Jivatianto, Dea Resti (2024) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PELAJAR RAHMATAN LIL'ALAMIN PADA MATA PELAJARAN FIQQIH DI MTs N SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
DEA RESTI JIVATIANTO 23010200006.pdf Download (4MB) |
|
Text
DEA RESTI JIVATIANTO 23010200006.pdf Download (4MB) |
|
Text
DEA RESTI JIVATIANTO 23010200006.pdf Download (4MB) |
|
Text
DEA RESTI JIVATIANTO 23010200006.pdf Download (4MB) |
|
Text
DEA RESTI JIVATIANTO 23010200006.pdf Download (4MB) |
|
Text
DEA RESTI JIVATIANTO 23010200006.pdf Download (4MB) |
|
Text
DEA RESTI JIVATIANTO 23010200006.pdf Download (4MB) |
|
Text
DEA RESTI JIVATIANTO 23010200006.pdf Download (4MB) |
|
Text
DEA RESTI JIVATIANTO 23010200006.pdf Download (4MB) |
|
Text
DEA RESTI JIVATIANTO 23010200006.pdf Download (4MB) |
|
Text
DEA RESTI JIVATIANTO 23010200006.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Jivatianto, Dea Resti. 2024. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs N Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag Kata kunci: Implementasi, Pelajar Pancasila, Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin dan Pengalaman Belajar Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin (P5-PPRA) pada mata pelajaran fiqih di MTs N Semarang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan tiga langkah yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai apa saja yang terdapat dalam profil pelajar pancasila dan pelajar rahmatan lil ‘alamin pada pelajaran fiqih. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa tahap yang dilalui dalam mengimplementasikan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin pada mata pelajaran fiqih di MTs N Semarang. Mulai dari tahap awal yang meliputi membentuk tim fasilitator projek, mengidentifikasi kesiapan Madrasah, merancang dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul projek, dan dilanjutkan pada tahap kedua yang berupa pelaksanaan projek serta tahap terakhir adalah asesmen dan refleksi. Memilih tema projek yang paling sesuai dengan tujuan yang diinginkan pada pelajaran fiqih, kemudian menentukan capaian dimensi (P5) dan nilai (RA) dan terakhir yaitu merancang kegiatan/pelaksanaan projek untuk diarahkan pada pembentukan pengalaman belajar pada diri siswa. Walaupun ada beberapa faktor penghambat yang mempengaruhi terlaksananya P5-PPRA Di Mts N Semarang yakni sarana prasarana yang belum memadai dan managemen kelas yang kurang, Itu semua diimbangi dengan faktor pendukung yakni mendukung peserta didik dalam belajar dan mempraktekkan keterampilannya dalam penyelesaian masalah, komunikasi dan pengelolaan diri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 18:13 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 18:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22219 |
Actions (login required)
View Item |