Maulida, Hidayatul (2024) MANAJEMEN KELEMBAGAAN ISLAM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM PENERAPAN METODE QIRAATI AL-ISTI’ANAH DESA JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
BISMILAH FINAL CETAK SKRIPSI HIDAYATUL M.pdf Download (1MB) |
|
Text
BISMILAH FINAL CETAK SKRIPSI HIDAYATUL M.pdf Download (1MB) |
|
Text
BISMILAH FINAL CETAK SKRIPSI HIDAYATUL M.pdf Download (1MB) |
Abstract
Maulida, Hidayatul. 2024. Manajemen Kelembagaan Islam Taman Pendidikan AlQur’an dalam Penerapan Metode Qiraati Al-Isti’anah Desa Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Fahrudin Yusuf, M.A. Kata Kunci: Manajemen Kelembagaan Islam, Taman Pendidikan Al-Qur’an, Metode Qiraati Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kelembagaan Islam taman pendidikan Al-Qur’an dalam penerapan metode Qiraati Al-Isti’anah Desa Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Manfaat penelitian ini tentang fungsi manajemen kelembagaan Islam yang diterapkan taman pendidikan Al-Qur’an Al-Isti’anah meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dan penerapan metode Qiraati pada taman pendidikan Al-Qur’an Al-Isti’anah. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu hasil wawancara yang langsung dari kepala lembaga dan pengurus. Sedangkan pada sumber data sekunder yaitu berupa dokumen resmi, arsip, serta foto kegiatan santri. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Pendidikan AlQur’an metode Qiraati Al-Isti’anah bahwa fungsi perencanaan diawali pada tahap perencanaan tenaga pengajar dan perencanaan penerimaan santri baru. Fungsi pengorganisasian lembaga TPA membuat guru qiraati dan diikutkan LPD (Lembaga Kelas Dewasa), penentuan struktur kepengurusan lembaga. Fungsi penggerakan lembaga TPA melalui pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Fungsi pengawasan dilakukannya MMQ (Majelis Mualimil Qur’an) tingkat lembaga dan pengawasan tingkat pusat MMQ (Majelis Mualimil Qur’an) tingkat Korcab setiap tiga bulan sekali. Penerapan pembelajaran metode Qiraati meliputi tiga proses yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 18:33 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 18:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22225 |
Actions (login required)
View Item |