Upaya Meningkatkan Hasil Belajar HOTS Melalui Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas Viii Smp Islam Sudirman Tengaran Tahun Pelajaran 2022/2023

Pratama, Alamsyah Putra (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar HOTS Melalui Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas Viii Smp Islam Sudirman Tengaran Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Alamsyah Putra Pratama 23070190101.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alamsyah Putra Pratama 23070190101.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alamsyah Putra Pratama 23070190101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pratama, Alamsyah Putra. 2024. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar HOTS Melalui Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas Viii Smp Islam Sudirman Tengaran Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, HOTS (Higher Order Thinking) Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa Kelas VIII SMP Islam Sudirman Tengaran pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang diimplementasikan pada siswa kelas VIII di SMP Islam Sudirman Tengaran, yang terdiri dari 29 siswa, dengan 14 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki, selama tahun akademik 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, model pembelajaran TAI diterapkan dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar berbasis HOTS peserta didik kelas VIII. Jika hasilnya tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan, maka dilanjutkan ke siklus kedua. Pada siklus kedua, proses belajar mengajar mirip dengan siklus pertama, namun merupakan peningkatan dari siklus pertama. Tujuan utama dari siklus kedua adalah agar siswa kelas VIII yang menerapkan Model Pembelajaran TAI dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik berbasis HOTS terkait materi Teorema Pythagoras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif jenis TAI yang menggunakan soal-soal HOTS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, terutama untuk mata pelajaran matematika, khususnya materi Teorema Pythagoras, di kelas VIII semester I (ganjil) SMP Islam Sudirman Tengaran pada tahun pelajaran 2023/2024. Pada siklus I, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik, dengan 47% dari total peserta didik berhasil mencapai nilai indikator keberhasilan, dengan nilai rata-rata 70,9. Pada siklus II, 87% dari total peserta didik berhasil mencapai nilai indikator keberhasilan, dengan nilai rata-rata yang sama, yaitu 70,9. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang menggunakan soal-soal HOTS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Teorema Pythagoras. Ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang tepat dapat membantu peserta didik untuk lebih memahami dan menguasai materi pelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2024 20:11
Last Modified: 29 Oct 2024 20:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22235

Actions (login required)

View Item View Item