PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS GAME KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

RAHMAWATI, FADIANA AYU (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS GAME KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI-FADIANA AYU RAHMAWATI-23060200002-FTIK-TIPA_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI-FADIANA AYU RAHMAWATI-23060200002-FTIK-TIPA_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI-FADIANA AYU RAHMAWATI-23060200002-FTIK-TIPA_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI-FADIANA AYU RAHMAWATI-23060200002-FTIK-TIPA_compressed.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024 dengan melalui model discovery learning berbasis game kartu domino pada materi unsur, senyawa, dan campuran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Salatiga yang berjumlah 32 siswa dengan 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. PTK ini terdiri dari dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdapat rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angket, soal tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berbasis game kartu domino dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Salatiga materi unsur, senyawa, dan campuran. Peningkatan minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA dapat dilihat pada pelaksanaan siklus I dimana sebanyak 14 dari 32 siswa atau 44% siswa memperoleh skor minat ≥ 82 dengan rata-rata 72,25. Pada siklus II sebanyak 29 dari 32 siswa atau 91% memperoleh skor minat ≥ 82 dengan rata-rata 85,37. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari perbandingan hasil penelitian siklus I dan siklus II, dimana pada siklus sebanyak 15 dari 32 siswa atau 47% memperoleh nilai diatas KKM ≥ 76 dengan rata-rata 73,33. Sementara hasil belajar siklus II terdpaat sebanyak 28 dari 32 siswa atau 88% memperoleh nilai ≥ 76 tuntas dari KKM dengan nilai rata-rata 86,42.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2024 20:20
Last Modified: 29 Oct 2024 20:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22238

Actions (login required)

View Item View Item