PENGARUH RESILIENSI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PGRI PAKIS TAHUN PELAJARAN 2023/2024

khoiriyah, Qisa'ul (2024) PENGARUH RESILIENSI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PGRI PAKIS TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
QISA'UL KHOIRIYAH 23070170080.pdf

Download (2MB)
[img] Text
QISA'UL KHOIRIYAH 23070170080.pdf

Download (2MB)
[img] Text
QISA'UL KHOIRIYAH 23070170080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Resiliensi Matematis dan Self Confidence secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar matematika di SMP PGRI Pakis. Yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu banyak siswa yang merasa tidak yakin dalam memilih keputusan atau ragu-ragu terhadap jawaban mereka sendiri dan lebih memilih untuk melihat atau mengikuti jawaban dari temannya saat menghadapi kesulitan dalam soal matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampel Jenuh dengan Siswa Kelas VIII yang berjumlah 54 siswa. Pada penelitian ini terdapat instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Dokumentasi meliputi hasil belajar berupa nilai raport kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Resiliensi Matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI Pakis dengan t_hitung sebesar 2,484, nilai signifikan sebesar 0,016 dengan pengaruh R^2 sebesar 2,4%, dan tidak adanya pengaruh yang signifikan dari Self Confidence terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI Pakis dengan t_hitung sebesar -1,632, nilai signifikan 0,109 dengan pengaruh R^2 sebesar 7,7%. Selain itu hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan secara bersamaan atau simultan dari Resiliensi Matematis dan Self Confidence terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI Pakis dengan F_hitung sebesar 3,916 dan nilai signifikan 0,026. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinan diketahui variabel Resiliensi Matematis dan Self Confidence secara simultan memberikan pengaruh R^2 sebesar 9,1 %. Tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Resiliensi Matematis dan Self Confidence secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar matematika di SMP PGRI Pakis. Yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu banyak siswa yang merasa tidak yakin dalam memilih keputusan atau ragu-ragu terhadap jawaban mereka sendiri dan lebih memilih untuk melihat atau mengikuti jawaban dari temannya saat menghadapi kesulitan dalam soal matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampel Jenuh dengan Siswa Kelas VIII yang berjumlah 54 siswa. Pada penelitian ini terdapat instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Dokumentasi meliputi hasil belajar berupa nilai raport kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Resiliensi Matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI Pakis dengan t_hitung sebesar 2,484, nilai signifikan sebesar 0,016 dengan pengaruh R^2 sebesar 2,4%, dan tidak adanya pengaruh yang signifikan dari Self Confidence terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI Pakis dengan t_hitung sebesar -1,632, nilai signifikan 0,109 dengan pengaruh R^2 sebesar 7,7%. Selain itu hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan secara bersamaan atau simultan dari Resiliensi Matematis dan Self Confidence terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI Pakis dengan F_hitung sebesar 3,916 dan nilai signifikan 0,026. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinan diketahui variabel Resiliensi Matematis dan Self Confidence secara simultan memberikan pengaruh R^2 sebesar 9,1 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:46
Last Modified: 30 Oct 2024 03:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22270

Actions (login required)

View Item View Item