Fadhilah, Nurul (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA MISTERI (UTAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Nurul Fadhilah 23060200023.pdf Download (7MB) |
|
Text
Nurul Fadhilah 23060200023.pdf Download (7MB) |
|
Text
Nurul Fadhilah 23060200023.pdf Download (7MB) |
|
Text
Nurul Fadhilah 23060200023.pdf Download (7MB) |
|
Text
Nurul Fadhilah 23060200023.pdf Download (7MB) |
Abstract
Fadhilah, Nurul. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Ular Tangga Misteri (UTAMI) terhadap Hasil Belajar IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada Peserta Didik Kelas VII SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Ular Tangga Misteri, Model Teams Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Ular Tangga Misteri (UTAMI) terhadap hasil belajar IPA materi klasifikasi makhluk hidup pada peserta didik kelas VII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode true experimental, dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Dharma Lestari Salatiga, sebanyak 4 kelas. Sampel yang diperoleh yakni 2 kelas, kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 peserta didik, dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda, yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembedanya. Prosedur dalam pengumpulan data tes menggunakan pretest-posttest. Nilai pretest-posttest dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis (uji t-test) dengan bantuan SPSS 23.0. Instrumen nontes yang digunakan berupa angket respon peserta didik dan lembar observasi keaktifan peserta didik, yang diuji kelayakannya melalui validasi oleh para ahli. Data nontes dianalisis berdasarkan rubrik. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 46,72 dan 77,5. Hasil uji t-test diperoleh nilai thitung (2,757) > ttabel (2,003) dan nilai signifikansi (2-tailed) 0,008 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut juga didukung oleh data angket yang menunjukkan bahwa keseluruhan dari respon peserta didik pada kelas eksperimen berkategorikan sangat baik (84,69%), serta hasil lembar observasi menyatakan bahwa peserta didik pada kelas eksperimen menampilkan keaktifan yang sangat tinggi (90,6%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Teams Games Tournament (TGT) dengan media Ular Tangga Misteri (UTAMI) efektif terhadap hasil belajar IPA materi klasifikasi makhluk hidup pada peserta didik kelas VII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Implikasi dari penelitian ini yaitu sekolah dapat memberikan dukungan kepada guru dengan memfasilitasi penggunaan model pembelajaran yang beragam dan media yang interaktif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 13:01 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 13:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22287 |
Actions (login required)
View Item |