TANIA, ELIS (2024) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Elis Tania.pdf Download (6MB) |
|
Text
Skripsi Elis Tania.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui efektivitas penerapan model Guided Discovery Learning berbantuan lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MAN Salatiga. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas XI F- 4 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F-3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini mengambil data dengan menggunakan tes. Data dianalisis melalui uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis Independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan uji N- gain untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa uji prasyarat data diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dianalisis dengan uji independent samples t-test diperoleh 0,017 sehingga rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik. Pada kelas eksperimen, uji N-gain menghasilkan 0,8674 yang tergolong tinggi. Berdasarkan hipotesis di atas disimpulkan bahwa pemanfaatan model guided discovery learning efektif terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 14:56 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 14:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22289 |
Actions (login required)
View Item |