EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF LEARNING PROGRAM BBQ (BIMBINGAN BACA AL-QUR’AN) TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

Sholikhah, Fajar (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF LEARNING PROGRAM BBQ (BIMBINGAN BACA AL-QUR’AN) TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi-Fajar Sholikhah-23010190191.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi-Fajar Sholikhah-23010190191.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi-Fajar Sholikhah-23010190191.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi-Fajar Sholikhah-23010190191.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi-Fajar Sholikhah-23010190191.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi-Fajar Sholikhah-23010190191.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi-Fajar Sholikhah-23010190191.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi-Fajar Sholikhah-23010190191.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Efektivitas, Kooperatif Learning, Bimbingan Baca Al-Qur’an, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Learning Program BBQ (Bimbingan Baca Al-Qur’an) terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an siswa SMK Muhammadiyah Kota Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pada hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Kooperatif Learning Program BBQ (Bimbingan Baca Al-Qur’an) dengan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Populasi dari jumlah subjek penelitian ini yaitu kelas XI SMK Muhammadiyah Kota Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah sebanyak 140 siswa dan sampel berjumlah 17 siswa untuk masing-masing kelompok. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning pada program BBQ (Bimbingan Baca Al-Qur’an ) efektif terhadap hasil belajar Al-Qur’an siswa pada kelas XI SMK Muhammadiyah Kota Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,032. Nilai ini lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05 yang berarti bahwa perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok tidak terjadi secara kebetulan. Dengan kata lain, hipotesis nol (H0) yang mengatakan bahwa tidak ada perbedaan signifikansi antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikansi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2024 19:27
Last Modified: 30 Oct 2024 19:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22313

Actions (login required)

View Item View Item