EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) DENGAN APLIKASI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Inassalha, Fadila (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) DENGAN APLIKASI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FADILA INASSALHA 23060190040 Final.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FADILA INASSALHA 23060190040 Final.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FADILA INASSALHA 23060190040 Final.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FADILA INASSALHA 23060190040 Final.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FADILA INASSALHA 23060190040 Final.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FADILA INASSALHA 23060190040 Final.pdf

Download (3MB)

Abstract

Inassalha, Fadila. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) dengan Aplikasi Getaran dan Gelombang terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Aplikasi, Getaran dan Gelombang, Hasil Belajar, Self Organized Learning Environment (SOLE). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran self organized learning environment (SOLE) dengan aplikasi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan metode true experiment dengan desain pretest-posttest kontrol group. Populasi yaitu seluruh siswa SMP Negeri 2 Tengaran, dan teknik cluster random sampling digunakan dalam pengambilan sampel penelitian. Sebanyak 2 kelas digunakan sebagai sampel penelitian, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pretest dan posttest telah diuji keabsahannya menggunakan 4 uji yaitu validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal. Hasil data penelitian dianalisis menggunakan SPSS 22.0 untuk mengetahui normalitas, homogenitas, dan Mann Whitney (uji hipotesis). Instrumen non tes menggunakan angket respon siswa berjumlah 17 butir pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest materi getaran dan gelombang kelas eksperimen sebesar 86,33 yang lebih besar daripada kelas kontrol (75,67). Selanjutnya untuk analisis Mann Whitney, diperoleh hasil nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa data tersebut berbeda secara signifikansi (Ha diterima dan Ho ditolak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model self organized learning environment (SOLE) dengan menggunakan aplikasi getaran dan gelombang efektif terhadap hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2024 20:20
Last Modified: 30 Oct 2024 20:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22324

Actions (login required)

View Item View Item