Nurfauziah, Maudy (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Pendekatan Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap Literasi Sains Materi Ekologi pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
|
Text
MAUDY NURFAUZIAH 230602000222 Revisi-1 (1)_compressed.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap literasi sains materi ekologi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini berupa kuantitatif dengan desain pretest-posttest kontrol group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga yang berjumlah 252 peserta didik. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu VII G dan VII H dengan teknik pengambilan cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan soal literasi sains berupa pilihan ganda dan angket respon peserta didik. Soal yang digunakan berjumlah 25 yang kemudian di-ujicobakan dengan kelas diatasnya. Setelah itu, hasilnya di analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda. Hasilnya didapatkan bahwa 12 dari 25 dinyatakan valid dan digunakan sebagai soal pretest dan posttest. Nilai pretest dan posttest selanjutnya akan di analisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, koefisien korelasi dan regresi liner sederhana dengan menggunakan SPSS statistic-21. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan SETS dapat berpengaruh terhadap literasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan uji koefisien korelasi yang memiliki nilai pearson correlation sebesar 0,725 yang berarti kedua data berhubungan kuat/tinggi, uji regresi linier memiliki nilai signifikansi 0,004<0,05 dengan persamaan Y= -35,234 + 2,250X. Kemudian, hasil uji koefisien determinasi dengan R square 0,531 yang menunjukkan bahwa model guided inquiry dengan pendekatan SETS berpengaruh terhadap literasi sains sebesar 53,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan SETS dapat berpengaruh terhadap literasi sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 20:39 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 20:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22327 |
Actions (login required)
View Item |