PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS QUANTUM LEARNING PADA MATERI UNSUR SENYAWA DAN CAMPURAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Safitri, Ulya (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS QUANTUM LEARNING PADA MATERI UNSUR SENYAWA DAN CAMPURAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ULYA SAFITRI-23060200009-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ULYA SAFITRI-23060200009-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ULYA SAFITRI-23060200009-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ULYA SAFITRI-23060200009-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ULYA SAFITRI-23060200009-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ULYA SAFITRI-23060200009-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ULYA SAFITRI-23060200009-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ULYA SAFITRI-23060200009-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ULYA SAFITRI-23060200009-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ULYA SAFITRI-23060200009-SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Ulya. 2024. Pengembangan e-Modul Berbasis Quantum Learning untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: e-Modul; Quantum Learning; Unsur, Senyawa, dan Campuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) analisis kebutuhan siswa terhadap pengembangan e-modul berbasis quantum learning pembelajaran IPA pada materi unsur, senyawa, dan campuran. 2) kelayakan e-modul berbasis quantum learning pembelajaran IPA pada materi unsur, senyawa, dan campuran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Salatiga; dan 3) kepraktisan e-modul berbasis quantum learning pembelajaran IPA pada materi unsur, senyawa, dan campuran untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dibatasi sampai tahapan development. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, angket kebutuhan, angket uji kelayakan, dan angket uji kepraktisan dengan menggunakan skala likert kategori skala 1-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) analisis kebutuhan guru dan siswa setuju dengan pengembangan e-modul dalam pembelajaran IPA; 2) uji kelayakan oleh validator ahli media dan materi menunjukkan bahwa, e-modul dikategorikan sangat layak dengan hasil nilai dari validator media dengan persentase 100% dan validator ahli materi dengan persentase 100%. Setelah dinyatakan “sangat valid” menurut kriteria kelayakan pada tabel 3.3; 3) uji kepraktisan oleh dua orang guru mendapatkan hasil persentase 92.7% sehingga dikategorikan “sangat praktis”. Uji kepraktisan oleh siswa dengan angket respon siswa menghasilkan persentase 79.2% dengan kategori “sangat praktis” menurut kriteria kepraktisan pada tabel 3.4.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2024 20:53
Last Modified: 30 Oct 2024 20:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22330

Actions (login required)

View Item View Item