Sari, Resa Amelia (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI SIKLUS AIR MELALUI PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SARIREJO 2 KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI RESA AMELIA SARII .pdf Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI RESA AMELIA SARII .pdf Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI RESA AMELIA SARII .pdf Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI RESA AMELIA SARII .pdf Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI RESA AMELIA SARII .pdf Download (6MB) |
Abstract
Sari, Resa Amelia. 2024. Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Siklus Air Melalui Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Media Diorama Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sarirejo 2 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, S.Si., M.Si Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Contextual Teaching And Learning (CTL), dan Media Diorama Tujuan penenelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS kelas V materi siklus air dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Media Diorama pada siswa kelas V semester II SD Negeri Sarirejo 2 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak tahun pelajaran 2023/2024. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester II SD Negeri Sarirejo 2 dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, lembar soal, dan pencermatan dokumen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar soal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Contextual Teaching And Learnimg(CTL) dengan media diorama siklus air dapat meningkatkan hasil belajar belajar IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Sarirejo 2 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 9 siswa yang tuntas dan meningkat pada siklus II terdapat 18 siswa yang tuntas, 2 siswa yang tidak tuntas akan diberikan remedial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sejumlah 21,63% pada materi siklus air.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 03:52 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 03:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22364 |
Actions (login required)
View Item |