CYBERBULLYING PERSPEKTIF AL-QUR’AN ( Pendekatan Ma’na Cum Maghza )

khikami, Asyiq Nur (2024) CYBERBULLYING PERSPEKTIF AL-QUR’AN ( Pendekatan Ma’na Cum Maghza ). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Asyiq Nur Khikami.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi Asyiq Nur Khikami.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi Asyiq Nur Khikami.pdf

Download (2MB)

Abstract

viii ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian kepustakaan dengan judul "Cyberbullying Perspektif Al-Qur'an (Pendekatan Ma'na Cum Maghza)", Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana ayat Al-Qur'an menjelaskan hal yang berkaitan dengan cyberbullying, konteks ayat bullying dalam fenomena cyberbullying dan bagaimana interpretasi pendekatan ma'na cum maghza dalam fenomena cyberbullying. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif. Data primer yang digunakan ialah Al-Qur'an pada ayat Qs. Al-Hujurat (49): 11- 12, Q.S At- Taubah (9): 79, Q.s Al-Humazah (104): 1 dan Q.s An-Nur (24): 11. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Ma'na Cum Maghza. Pendekatan ini penulis menjelaskan pesan utama pada suatu ayat yang berkaitan dengan cyberbullying dengan meneliti makna ayat dari masa turunnya Al-Qur‟an dan di kontekstualisasi dengan masa sekarang. Dengan proses melihat fenomena historis dan fenomenal dinamis. Sehingga penafsiran yang dihasilkan tidak tekstual, melainkan menunjukan pesan utama dan penerapan pada masa sekarang. Adapun dalam penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu: pesan utama ayat yang berkaitan dengan cyberbullying dengan disertai asbabun nuzul. Ajaran etika dalam kitab suci memiliki makna yang fleksibel dan adaptif. Prinsip-prinsip moral ini tetap relevan dan dapat diterapkan dalam konteks sosial modern, termasuk dalam mengatasi masalah baru seperti cyberbullying. Kata kunci: cyberbullying, Al-Qur'an dan Ma‟na Cum maghza

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2024 17:09
Last Modified: 31 Oct 2024 17:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22387

Actions (login required)

View Item View Item