Amalianinsa, Anggita Alma (2024) PENGARUH PEMBIASAAN SALAT FARDU DAN PENANAMAN NILAI BERAGAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 06 KLEGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Fiks_compressed.pdf Download (3MB) |
|
Text
Fiks_compressed.pdf Download (3MB) |
|
Text
Fiks_compressed.pdf Download (3MB) |
Abstract
Amaliannisa, Anggita Alma. 2024. Pengaruh Pembiasaan Salat Fardu dan Penanaman Nilai Beragama Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 06 Klego Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024. Pembimbing: Dra. Hj. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata kunci: Pembiasaan Salat Fardu, Penanaman Nilai Beragama, dan Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembiasaan Salat Fardu dan Penanaman Nilai Beragama Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 06 Klego Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini termasuk kuantitatif dengan data primer diperoleh melalui instrumen kuesioner penelitian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 Siswa. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS uji statistic. Berdasarkan hasil olah data, diketahui bahwa variable Salat Fardu dan Penanaman Nilai Beragama berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 06 Klego Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menujukan bahwa pembiasaan salat fardu berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan diperoleh nilai t hitung variabel (X1) sebesar 2,141, yang lebih tinggi dari nilai t tabel sebesar 1.72074. Nilai signifikansi variabel (X1) dari program SPSS sebesar 0,044, yang lebih kecil dari nilai alpha sebesar 0,05, menunjukkan bahwa hipotesis awal (H1) yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Penanaman nilai beragama berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan diperoleh nilai t hitung variabel (X2) sebesar 3,069, yang lebih tinggi dari nilai t tabel sebesar 1.72074. Nilai signifikansi variabel (X2) dari program SPSS sebesar 0,017, yang lebih kecil dari nilai alpha sebesar 0,05, menunjukkan bahwa hipotesis awal (H2) yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Pembiasaan salat fardu dan penanaman nilai beragama secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, hal ini didasarkan pada teori jika ditemukan temuan F hitung > F tabel maka dapat dipastikan faktor-faktor independen dalam penelitian ini mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen secara bersamaan. Berdasarkan output SPSS yang telah disajikan, diketahui F hitung pada output SPSS adalah 5,046 dan nilai tersebut di atas F tabel yaitu 3,467.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 17:42 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 17:42 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22392 |
Actions (login required)
View Item |