nikmah, siti (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA BALON UDARA MELALUI AKUN INSTAGRAM @BALONWONOSOBO. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI FIX SITI NIKMAH.pdf Download (3MB) |
Abstract
Nikmah, Siti. 2024. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempromosikan Wisata Balon Udara Melalui Akun Instagram @balonwonosobo. Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saipullah Hasan, M.A Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Promosi Wisata Balon Udara, Instagram Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui strategi yang efektif terkait dengan komunikasi pemasaran dalam mempromosikan wisata balon udara melalui akun instagram @balonwonosobo. 2) Mengetahui dampak dari penerapan strategi komunikasi pemasaran dalam mempromosikan wisata balon udara melalui akun instagram @balonwonosobo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di Wonosobo. Data primer diperoleh dari wawancara yang dilakukan dengan pengelola akun dan 3 wisatawan. Data sekunder pada penelitian ini berupa dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi komunikasi pemasaran melalui akun instagram @balonwonosobo dengan teori AIDA berhasil menarik perhatian (attention), menumbuhkan minat (interest), memicu keinginan (desire) dari calon wisatawan dan memicu tindakan (Action). Konten visual yang menarik, penggunaan tagar, serta promosi dengan urgensi, seperti penjualan tiket terbatas, efektif meningkatkan keinginan dan mendorong keputusan untuk mengunjungi festival balon udara. Instagram terbukti mampu meningkatkan kesadaran audiens. 2) Dampak penerapan strategi komunikasi pemasaran melalui akun instagram @balonwonosobo menuju pada arah yang positif, seperti meningkatkan kesadaran wisatawan, peluang kolaborasi dengan influencer, pertumbuhan jumlah pengikut, engagment dan interaksi dengan audiens. Namun terdapat kendala, seperti tidak memilih influencer yang tepat dan kurangnya konsistensi dalam pembuatan konten.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 04:14 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 04:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22437 |
Actions (login required)
View Item |