STRATEGI BIRO HAJI DAN UMRAH WALI WISATA MABRUR KABUPATEN SEMARANG DALAM MELAYANI IBADAH UMRAH PADA JAMA'AH LANSIA

Nugroho, Muhammad Wahyu Ardi (2024) STRATEGI BIRO HAJI DAN UMRAH WALI WISATA MABRUR KABUPATEN SEMARANG DALAM MELAYANI IBADAH UMRAH PADA JAMA'AH LANSIA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Muhammad Wahyu Ardi Nugroho_43020200036 Fiks.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Muhammad Wahyu Ardi Nugroho_43020200036 Fiks.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Muhammad Wahyu Ardi Nugroho_43020200036 Fiks.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Muhammad Wahyu Ardi Nugroho_43020200036 Fiks.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan terkait Strategi Biro Haji dan Umrah Wali Wisata Mabrur Kabupaten Semarang dalam Melayani Jama’ah Lansia, Tujuan penelitian meliputi: 1) Bagaimana strategi yang telah diterapkan oleh Biro Haji dan Umrah Wali Wisata Mabrur Kabupaten Semarang dalam melayani jama’ah yang lansia? 2) Bagaimana dampak strategi yang telah diterapkan oleh Biro Haji dan Umrah Wali Wisata Mabrur Kabupaten Semarang untuk kepuasan jama’ah yang lansia? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan bersifat penelitian lapangan atau field research. Metode penelitian kualitatif adalah cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan dari individu dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Biro Haji dan Umrah Wali Wisata Mabrur di Kabupaten Semarang mengadopsi pendekatan yang berfokus pada kenyamanan dan kebutuhan khusus para jamaah lansia. Strategi Biro Haji dan Umrah Wali Wisata Mabrur Kabupaten Semarang dalam melayani jama’ah lansia dengan menerapkan pendekatan "Learning by Doing" dan didukung oleh staf berpengalaman. Dengan demikian jama’ah dapat merasa lebih percaya diri dan mandiri saat melaksanakan ibadah. Strategi ini juga mencakup komunikasi yang efektif, di mana informasi disampaikan dengan cara yang mudah dipahami. Selain itu, interaksi sosial antara jamaah didorong untuk menciptakan suasana yang lebih akrab dan mendukung, sehingga lansia dapat merasa lebih nyaman saat beribadah. Dengan membangun lingkungan yang peka terhadap kebutuhan jamaah lansia, Biro Wali Wisata Mabrur berusaha memastikan setiap jama’ah mendapatkan perhatian yang layak, membantu mereka untuk tetap fokus pada ibadah tanpa khawatir tentang berbagai kendala. 2) Penerapan strategi pelayanan yang dilakukan berhasil menciptakan tingkat kepuasan tinggi di kalangan jamaah lansia. Fasilitas yang mendukung, komunikasi yang baik, serta perhatian terhadap kesehatan dan mobilitas mereka berperan dalam meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri saat melaksanakan ibadah. Lalu, dukungan sosial yang diberikan memperkuat hubungan antar jamaah, sehingga pengalaman ibadah menjadi lebih berarti dan memuaskan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2024 05:50
Last Modified: 01 Nov 2024 05:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22440

Actions (login required)

View Item View Item