Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Persepsi Tentang Partai Politik Islam dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Politik Gen Z ( Studi Pada Mahasiswa UIN Salatiga )

Anjani, Asna Putri (2024) Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Persepsi Tentang Partai Politik Islam dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Politik Gen Z ( Studi Pada Mahasiswa UIN Salatiga ). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSEA FINAL CETAK BUKU FIXX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Anjani, Asna Putri. 2024. Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Persepsi Tentang Partai Politik Islam dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Politik Gen Z (Studi Pada Mahasiswa UIN Salatiga). Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: media sosial, persepsi partai politik Islam, kebutuhan informasi, partai politik, generasi z. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial (X) terhadap Persepsi Partai Politik Islam (Y1) dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Politik (Y2) generasi Z serta seberapa besar pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Persepsi Partai Politik Islam dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Politik Generasi Z. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif dengan metode survey dan pendekatan eksplanatif. Sampel yang digunakan merupakan mahasiswa UIN Salatiga yang mengetahui seputar partai politik islam yang ada di Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dimana seluruh populasi memiliki kesempatan untuk dapat menjadi bagian dari sampel. Dengan jumlah populasi mahasiswa UIN Salatiga yaitu 16.252 mahasiswa didapatkan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji t, dan uji Koefisien Determinasi (R2) dengan menggunakan software aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap Variabel Y1. Dibuktikan pada hasil koefisien determinasi (R2) yaitu 51,6%, yang berarti variabel Intensitas Penggunaan Media Sosial mampu mempengaruhi variabel Persepsi Partai Politik Islam dengan korelasi hubungan antar dua variabel masuk dalam kategori kuat dengan nilai 0,718. Kemudian Variabel X berpengaruh terhadap Variabel Y2. Dibuktikan pada hasil koefisien determinasi (R2) yaitu 47,3%, yang berarti variabel Intensitas Penggunaan Media Sosial mampu mempengaruhi variabel Kebutuhan Informasi Politik dengan korelasi hubungan antar dua variabel masuk dalam kategori kuat dengan nilai 0,687.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2024 19:37
Last Modified: 01 Nov 2024 19:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22473

Actions (login required)

View Item View Item