Maulana, Arrizal Aziz (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TUTOR SEBAYA DAN LATIHAN SOAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DESIMAL PADA SISWA KELAS IV MIS NAFIATUL HUDA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ARRIZAL AZIZ MAULANA NIM 23040180126.pdf Download (3MB) |
|
Text
ARRIZAL AZIZ MAULANA NIM 23040180126.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Maulana, Arrizal Aziz. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Tutor Sebaya Dan Latihan Soal Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Desimal Pada Siswa Kelas IV MI Nafiatul Huda Demakan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, S.Si.,M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Metode Tutor Sebaya, Latihan Soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan metode Tutor Sebaya dan Latihan Soal dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas IV MI Nafiatul Huda Demakan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nafiatul Huda Demakan berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, lembar observasi guru dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Tolok ukur keberhasilan ditentukan melalui pencapaian KKM 70 dan Kriteria Klasikal 80% ketuntasan ( ditetapkan oleh MI Nafiatul Huda Demakan). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa metode pembelajaran Tutor Sebaya dan Latihan Soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar Siklus I yang dicapai sebesar 55% ketuntasan dengan rata-rata nilai 73,5. Siklus II sebesar 85% dengan rata-rata nilai 78,5, terjadi peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Hal ini berarti telah melebihi kriteria kelulusan klasikal yang dicapai sebesar 80%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 20:53 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 20:53 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22485 |
Actions (login required)
View Item |