STRATEGI PENGUATAN TA'ADDUB DAN SYURA PADA PESERTA DIDIK MAN SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Arrasyid, Wafiq Faruq (2024) STRATEGI PENGUATAN TA'ADDUB DAN SYURA PADA PESERTA DIDIK MAN SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
WAFIQ FARUQ ARRASYID 23010200027.pdf

Download (4MB)
[img] Text
WAFIQ FARUQ ARRASYID 23010200027.pdf

Download (4MB)
[img] Text
WAFIQ FARUQ ARRASYID 23010200027.pdf

Download (4MB)
[img] Text
WAFIQ FARUQ ARRASYID 23010200027.pdf

Download (4MB)

Abstract

Arrasyid, Wafiq Faruq. 2024. Strategi Penguatan Ta’addub dan Syura spada Peserta Didik MAN Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muh Hafidz, M.Ag. Kata Kunci: Ta’addub, Syura Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penguatan ta’addub dan syura, faktor-faktor pendukung strategi penguatan ta’addub dan syura, serta faktor-faktor penghambat strategi penguatan ta’addub dan syura pada peserta didik MAN Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, koordinator fasilitator, guru mata pelajaran agama Islam, dan siswa MAN Salatiga. Dalam analisis data peneliti menggunakan tiga tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penguatan ta’addub dan syura dilakukan melalui program P5-PPRA yaitu dengan memberi pemahaman terkait P5-PPRA, menyusun konsep yang utuh, serta membentuk sinergi dengan semua pihak. Selain itu dilakukan pula melalui pembelajaran di dalam kelas dengan pembiasaan hal positif, integrasi nilai ta’addub dan syura dalam pembalajaran, memberi nasihat, serta menjadi contoh yang baik. Kedua, faktor yang mendukung strategi penguatan ta’addub dan syura yaitu kebijakan kepala madrasah, kelebihan madrasah dibanding sekolah umum, visi lembaga, keluarga peserta didik, diri peserta didik, serta lingkungan sekitar. Ketiga, faktor yang menghamat strategi penguatan ta’addub dan syura yaitu pemahaman terkait P5-PPRA yang belum merata, sinergi dalam pelaksanaan strategi, pendanaan P5-PPRA, karakter siswa yang beragam, kurangnya dukungan orang tua, dan lingkungan yang kurang suportif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2024 21:52
Last Modified: 01 Nov 2024 21:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22492

Actions (login required)

View Item View Item