Muin, Muhamad (2024) PENERAPAN MEDIA LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI MIPK AL IKHLAS TENGARAN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
|
Text
Tesis wisuda NOV 24.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Media Literasi Digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MIPK Al Ikhlas Tengaran, menyoroti analisis penerapan, kendala, dan solusi. Dengan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus tunggal untuk mengeksplorasi penerapan Media Literasi Digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MIS Program Khusus Al Ikhlas Tengaran. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap stakeholder terkait. Hasilnya diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan teori dan praktik, memperkaya pemahaman pentingnya Media Literasi Digital, dan menyediakan panduan bagi pendidik untuk menciptakan pembelajaran inovatif. Penerapan Media Literasi Digital melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan mencakup identifikasi kebutuhan sekolah, observasi kemampuan siswa, penyusunan kurikulum, dan pemilihan media digital. Pelaksanaannya melibatkan pengadaan perangkat keras dan akses internet. Evaluasi dilakukan melalui asesmen tes dan proyek serta pertemuan rutin antar guru. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan keahlian dan fasilitas. Solusinya adalah pelatihan rutin bagi guru, workshop untuk siswa, dan melibatkan seluruh stakeholder. Saran untuk guru adalah memanfaatkan hasil penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran, kepala madrasah untuk mensosialisasikan temuan ini, dan peneliti selanjutnya untuk penyempurnaan lebih lanjut. Kata kunci : Penerapan, Media Literasi Digital, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 Nov 2024 03:50 |
Last Modified: | 03 Nov 2024 03:50 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22524 |
Actions (login required)
View Item |