PENGEMBANGAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM BERBASIS BUDAYA LOKAL MELALUI APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA SISWA KELAS V MIN SEKECAMATAN KLEGO BOYOLALI

Nurjannah, Diyan Putri (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM BERBASIS BUDAYA LOKAL MELALUI APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PADA SISWA KELAS V MIN SEKECAMATAN KLEGO BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DIYAN_FIXXX_AFTER_SIDANG_OKE(1)[1].pdf

Download (4MB)
[img] Text
DIYAN_FIXXX_AFTER_SIDANG_OKE(1)[1].pdf

Download (4MB)
[img] Text
DIYAN_FIXXX_AFTER_SIDANG_OKE(1)[1].pdf

Download (4MB)
[img] Text
DIYAN_FIXXX_AFTER_SIDANG_OKE(1)[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurjannah. D.P,. 2024. Pengembangan Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Budaya Lokal Melalui Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca pada Siswa Kelas V MI Negeri sekecamatan Klego Kabupaten Boyolali. Tesis. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslihatul Umami, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan (need assement), mengetahui bentuk pengembangan, dan menguji validitas dan reabilitas pengembangan Assesmen Kompetensi Minimum berbasis budaya lokal melalui aplikasi Quizziz untuk meningkatkan kemampuan literasi pada siswa kelas V MI Negeri sekecamatan Klego, Kab. Boyolali. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall.. Subjek uji coba model penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MI Negeri sekecamatan Klego kabupaten Boyolali. Instrumen yang digunakan pada peneliti untuk mengumpulkan data adalah wawancara, angket dan tes hasil penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini bisa disimpulkan sebagai berikut: Pengembangan Asesmen Kompetensi Minimum berbasis budaya lokal melalui aplikasi quizizz sangat dibutuhkan bagi siswa dan guru di MIN 8 dan MIN 9 Boyolali. Konsep pengembangan AKM berbasis budaya lokal melalui aplikasi quizizz meliputi; Desain Produk, Uji validasi dengan skor pada aspek kelayakan materi 71% dan aspek tampilan 75%. Validasi media dengan skor pada aspek tampilan 91%, pewarnaan 100%, dan aspek Animasi dan suara 75% dengan kategori sangat baik. Skor tersebut merupakan hasil validasi setelah revisi produk awal, revisi produk, FGD, revisi produk Uji skala kecil Revisi, uji skala besar. Hasil uji validitas soal yang telah diberikan kepada 60 responden dengan menggunakan SPSS 25 diperoleh hasil 24 soal dengan nilai sig. 2 tailed >0,05 sehingga soal tersebut dinyatakan valid dan 6 soal dengan nilai sig. 2 tailed <0,05 yang artinya soal tersebut tidak valid.. Hasil uji reabiltas dapat disimpulkan bahwa instrumen soal tes memiliki nilai koefisien sebesar 0,89 > 0,6 yang artinya instrumen tersebut reliabel dan dapat digunakan sebagai alat pengumpulan data. Kata Kunci: AKM, Literasi Membaca, Budaya Lokal Boyolali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2024 23:59
Last Modified: 03 Nov 2024 23:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22531

Actions (login required)

View Item View Item