PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “AJAR NUMERIK” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V MI SEKECAMATAN KALIWUNGU KENDAL

Utari, Sri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “AJAR NUMERIK” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V MI SEKECAMATAN KALIWUNGU KENDAL. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SRI UTARI-12020200037.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SRI UTARI-12020200037.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SRI UTARI-12020200037.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SRI UTARI-12020200037.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SRI UTARI-12020200037.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SRI UTARI-12020200037.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SRI UTARI-12020200037.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SRI UTARI-12020200037.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sri Utari 2024. Pengembangan Media Pembelajaran “Ajar Numerik” pada Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelals V MI Sekecamatan Kaliwungu Kendal, Tesis. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Noor Malihah, M. Hum, Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Ajar Numerik” berbasis HTML5 melalui software articulate storyline dan panduan penggunaan media pembelajaran, menguji kevalidan, serta mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas V sejumlah 10 orang dan 87 siswa kelas V MI di kecamatan Kaliwungu Kendal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur untuk menggali data terkait kebutuhan media pembelajaran, angket digunakan untuk mengetahui menguji kelayakan dan kevalidan media, dan tes untuk melihat hasil kemampuan numerasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan media. Hasil yang diperoleh dari segi kelayakan ahli materi memperoleh skor rata-rata kelayakan 3,77, skor rerata kelayakan yang didapat dari ahli media yaitu 3,87. Sementara validasi produk sampingan berupa buku panduan penggunaan media pembelajaran diperoleh skor rerata kelayakan 3,70 dengan kategori sangat layak. Hasil uji peningkatan hasil pre-test dan post-test dengan Uji t berpasangan (paired sample test) menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran “Ajar Numerik” dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Peningkatan kemampuan numerasi siswa diperoleh rata-rata normalisasi gain sebesar 0,7698 berada pada kategori tinggi. Sedangkan hasil N-Gain persen memperoleh interval mean sebesar 76,9775%, berada pada kategori efektif. Kebaruan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran “Ajar Numerik” guna meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas V SD/MI terutama pada konten aljabar. Kontribusi hasil penelitian ialah menambah media sesuai dengan kebutuhan sehingga kemampuan numerasi siswa meningkat. Hasil penelitian ini berimplikasi sebagai masukan bagi guru untuk mengembangkan media yang lebih menarik sesuai kebutuhan siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran berbasis HTML5, Software Articulate Storyline, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Numerasi Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2024 10:40
Last Modified: 04 Nov 2024 10:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22534

Actions (login required)

View Item View Item