BENTUK PERILAKU BULLYING DALAM Q.S AL- HUMAZAH AYAT 1, Q.S AL- MUṬAFFIFῙN AYAT 29 – 31 DAN RELEVANSINYA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN DASAR (PENDEKATAN MA’NĀ CUM MAGHZĀ)

Rafsanjani, Hafsah (2024) BENTUK PERILAKU BULLYING DALAM Q.S AL- HUMAZAH AYAT 1, Q.S AL- MUṬAFFIFῙN AYAT 29 – 31 DAN RELEVANSINYA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN DASAR (PENDEKATAN MA’NĀ CUM MAGHZĀ). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Hafsah Rafsanjani NIM 53020200041.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hafsah Rafsanjani NIM 53020200041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Tindakan bullying merupakan isu masyarakat yang selalu hangat diperbincangkan dunia, termasuk di Indonesia khususnya dalam dunia pendidikan. Hal ini disebabkan minimnya pengetahuan mengenai jenis – jenis tindakan bullying. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa Q.S Al- Humaah ayat 1 dan Q.S Al- Muthaffifiin ayat 29 – 31 dengan perspektif teori ma’na cum maghza yang dicetuskan oleh Sahiron Syamsuddin dan mengetahui relevansi dari makna penafsiran ayat – ayat tersebut Penelitian termasuk dalam kategori tafsir tahlili dan menggunakan metode kualitatif desktriptif dengan model kepustakaan. Langkah yang dilakukan untuk menafsirkan Q.S Al- Humazah ayat 1 dan Q.S Al- Muthaffifin ayat 29 – 31 adalah dengan menganalisis bahasa da asbabun nuzul dari ayat – ayat di atas. Analisa yang dilakukan adalah dengan cara mengetahui al- ma’na al- tarikhi, al- maghza al- tarikhi, dan al- maghza al- mutaharik. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan bahwa bullying merupakan tindakan yang bermakna luas, bukan tentang hanya mencela dengan omongan saja tetapi juga berupa fitnah, tindakan kasar, dan gerak – gerik yang memojokkan korban. Selain itu ditemukan hasil dari penelitian ini bahwa kontribusi dari penafsiran ayat – ayat ini dengan teori ma’na cum maghza semakin memperjelas makna larangan bullying, dimana akibat dari perilaku bullying tidak hanya berdampak di dunia namun juga di akhirat. Dalam penafsiran di atas juga disebutkan macam – macam tindakan bullying. Hal ini menjadi kaca pembesar bagi orang – orang yang terkadang tak sadar bahwa perilakunya adalah perilaku bullying. Sehingga diharapkan penelitian ini memiliki kontribusi untuk mengikis angka perundungan di Indonesia khususnya pada tingkat pendidikan dasar. Kata Kunci: Al- Qur’an, Ma’na Cum Maghza, Bullying, Relevansi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2024 21:07
Last Modified: 04 Nov 2024 21:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22561

Actions (login required)

View Item View Item