EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

Masrini, (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MASRINI 23070200003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masrini. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Problem BasedLearning (PBL) Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Efektivitas; PBL Pendekatan Saintifik; Kemampuan Literasi Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pedekatan saintifik terhadap kemampuan literasi matematika. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian Quasy Eperiment dengan desain pretest posttest control group. Model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan saintifik menjadi variabel bebas dan kemampuan literasi matematika menjadi variabel terikat. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kragan tahun Pelajaran 2024/2025 dengan sampel peserta didik kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol sebanyak 67 peserta didik. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas yang kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-test berbantuan IBM SPSS Statistic versi 29. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan saintifik efektif terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kragan. Hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perbedaan signifikan antara nilai rata-rata posttest dimana rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 85,35 > 75,76. Hasil uji Independent Sampel T-test diperoleh nilai sig. 0,001 yakni terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2024 16:06
Last Modified: 05 Nov 2024 16:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22571

Actions (login required)

View Item View Item