EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIPK AL-ISLAM PUCANGSAWIT SURAKARTA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA

Amalia, Nida 'Ilmi (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIPK AL-ISLAM PUCANGSAWIT SURAKARTA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nida 'Ilmi_S2 PGMI_12020200040_Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nida 'Ilmi_S2 PGMI_12020200040_Tesis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nida 'Ilmi_S2 PGMI_12020200040_Tesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya efektivitas penggunaan model RADEC terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas IV serta mengetahui tingkat efektivitas penggunaan model RADEC tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian True Experimental dengan Posttest-Only Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di MIPK Al-Islam Pucangsawit pada bulan Mei 2024 tahun ajaran 2023/2024. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV yang berjumlah 31 orang. Ekink pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati keterampilan creativity, collaboration, dan communication sedangkan untuk kemampuan critical thinking menggunakan soal HOTS berbasis literasi yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji Statistik dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi, yaitu uji linieritas, uji normalitas univariat, uji homogenitas variankovarian, dan uji multikolinieritas sebagai syarat melakukan uji hipotesis. Uji hipotsis menggunakan insependent t-test dan uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan model pembelajaran RADEC yang dilihat dari perbedaan rata-rata pengukuran kemampuan berpikir kritis dan kreatif, dimana kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada kelas yang menggunakan model pembelajaran RADEC lebih tinggi. Sedangkan independent t-test bernilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan uji hipotesis MANOVA dengan hasil Sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Berdasarkan uji statistik yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC efektivitas terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik kelas IV materi perubahan wujud benda dengan nilai Wilk’s

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2024 06:49
Last Modified: 07 Nov 2024 06:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22626

Actions (login required)

View Item View Item