IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SEBAGAI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK TELKOM TENGARAN TAHUN AJARAN 2023/2024

salim, agus (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SEBAGAI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK TELKOM TENGARAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AGUS SKRIPSI FIKS TERAHIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salim, Agus. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Sebagai Penguatan Program Profil Pelajar Pancasila di SMK Telkom Tunas Harapan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ibdaul Latifah, M.Pd. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti, Profil Pelajar Pancasila Tujuan yang terdapat di dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala dan solusi dalam implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Tahun 2024. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dalam menganalisis data menggunakan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penelitian di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan menunjukkan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di kelas X dan XI, terutama dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti. Sekolah telah melakukan persiapan melalui penyusunan rencana pembelajaran, pelatihan guru, dan penyesuaian materi untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan integratif dan kontekstual meningkatkan keterlibatan siswa serta pemahaman nilai-nilai Pancasila, dengan metode berbasis proyek dan penilaian holistik untuk integrasi nilai yang lebih baik. (2) Kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Tunas Harapan meliputi kurangnya pelatihan guru, panduan yang tidak jelas, dan kesulitan penyesuaian materi. Untuk mengatasi ini, diperlukan pelatihan guru, peningkatan sumber daya, tim kerja, evaluasi berkala, dan komunikasi baik antara pemangku kepentingan. Dalam PAI, siswa diajak menerapkan nilai Pancasila, aktif berdiskusi, mengerjakan proyek kelompok, dan melakukan refleksi melalui jurnal, dengan tujuan memastikan kurikulum diimplementasikan secara efektif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2024 14:42
Last Modified: 07 Nov 2024 14:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22628

Actions (login required)

View Item View Item