PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ETNOMATEMATIKA GAMELAN JAWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA

Rohman, Muhammad Kholillur (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ETNOMATEMATIKA GAMELAN JAWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD KHOLILLUR ROHMAN 23070200017_compressed.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD KHOLILLUR ROHMAN 23070200017_compressed.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD KHOLILLUR ROHMAN 23070200017_compressed.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Etnomatematika Gamelan Jawa berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi barisan dan deret aritmetika yang valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MA Nurul Ali tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Produk hasil pengembangan berupa LKPD yang diuji validitasnya melalui validator ahli materi dan ahli media. Pengumpulan data menggunakan soal tes uraian berupa pretest dan posttest. Analisis uji statistik menggunakan Uji Paired Sample T Test terhadap data yang sebelumnya sudah di uji pra-syarat menggunakan Uji Saphiro-Wilk dan Uji Levine Statistic. Uji kepraktisan LKPD diuji melalui respon dari angket kepraktisan peserta didik dan guru. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa berdasarkan analisis uji validasi produk LKPD oleh dua dosen ahli yaitu ahli materi dan ahli media mendapatkan nilai masing-masing sebesar 81,25 % dan 93% dengan kriteria keduanya sangat valid. Kemudian pada hasil analisis perhitungan nilai pretest dan postest menunjukan adanya peningkatan nilai sebesar 17,67% dari rata-rata nilai sebesar 64,28 menjadi 81,96. Hasil uji kepraktisan LKPD dari respon peserta didik dan guru masing masing mendapatkan persentase sebesar 81,78% dan 83,93 dengan kriteria keduanya sangat praktis. Sehingga produk LKPD Gamelan Jawa berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan memiliki kategori valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2024 19:45
Last Modified: 11 Nov 2024 19:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22828

Actions (login required)

View Item View Item