EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS UNDERSTANDING BY DESIGN TERHADAP EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Almahdi, Achmad Arif (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS UNDERSTANDING BY DESIGN TERHADAP EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Achmad Arif Almahdi_Tesis.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Achmad Arif Almahdi_Tesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas pembelajaran berbasis understanding by design terhadap efikasi diri dan kemampuan numerasi siswa kelas V. Penelitian ini juga akan menganalisis besaran tingkat signifikansi keefektivitasan pembelajaran berbasis understanding by design terhadap efikasi diri dan kemampuan numerasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk nonquivalent control group design. Pola penelitiannya menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang akan diberi pre test dan post test, serta kelas kontrol diberi perlakuan. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas V MI Negeri Salatiga dan MI Ma’arif Mangunsari. Populasi penelitian berjumlah 183 siswa, dengan sampel 87 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes, dengan instrumen lembar angket dan soal tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test, uji independent sample t-test, dan uji N-Gain. Analisis data yang telah dilakukan pada penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan. Pertama, uji independent sample t-test terhadap data post test kelas eksperimen dan kelas kontrol pada variabel efikasi diri menghasilkan nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Nilai tersebut bermakna telah terjadi perubahan yang signifikan pada pembelajaran berbasis understanding by design terhadap efikasi diri siswa kelas V. Hasil itu didukung oleh uji N-Gain pada kelas eksperimen. Uji N-Gain menghasilkan nilai mean sebesar 0,69 dan N-Gain persen sebanyak 68,68. Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis tersebut adalah efektivitas pembelajaran berbasis understanding by design terhadap efikasi diri pada kriteria sedang dengan tingkat cukup efektif. Kedua, uji independent sample t-test terhadap data post test kelas eksperimen dan kelas kontrol pada variabel kemampuan numerasi menghasilkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil tersebut berarti telah terjadi perubahan yang signifikan pada pembelajaran berbasis understanding by design terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V. Hasil uji independent sample t-test dikuatkan oleh uji N-Gain pada kelas eksperimen, untuk melihat besaran tingkat efektivitasnya. Uji N-Gain menghasilkan nilai mean sebesar 0,74 dan N-Gain persen sebesar 74,10. Kesimpulan yang dapat diambil adalah efektivitas pembelajaran berbasis understanding by design terhadap kemampuan numerasi pada kriteria tinggi dengan tingkat cukup efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2024 13:08
Last Modified: 12 Nov 2024 13:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22865

Actions (login required)

View Item View Item