Azizah, Wafiq Nur (2024) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
WAFIQ NUR AZIZAH 23010200008.pdf Download (4MB) |
|
Text
WAFIQ NUR AZIZAH 23010200008.pdf Download (4MB) |
|
Text
WAFIQ NUR AZIZAH 23010200008.pdf Download (4MB) |
|
Text
WAFIQ NUR AZIZAH 23010200008.pdf Download (4MB) |
|
Text
WAFIQ NUR AZIZAH 23010200008.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kedisiplinan siswa di MAN 2 Klaten Tahun Ajaran 2024/2025, (2) mengetahui hubungan antara Pendidikan Agama Islam dengan kedisiplinan siswa di MAN 2 Klaten Tahun Ajaran 2024/2025 dan (3) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan Pendidikan Agama Islam dengan kedisiplinan siswa di MAN 2 Klaten Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, karena teknik dan prosedur yang digunakan dalam proses pengumpulan data penelitian berupa angka dan hasilnya dianalisis dengan teknik statistik menggunakan alat bantu olah statistik SPSS. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan soal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada responden untuk dijawabnya melalui pengisian dalam google form. Responden menggunakan handphone untuk mengisi kuesioner dan soal yang diberikan lewat google form. Instrumen dalam penelitian ini telah melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran dan uji daya beda soal. Populasi penelitian ini adalah siswa di MAN 2 Klaten sejumlah 1271 dengan sampel sejumlah 64 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan Pendidikan Agama Islam memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kedisiplinan siswa. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 47%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa apabila motivasi belajar siswa tinggi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam tinggi maka tingkat kedisiplinan juga akan tinggi. Motivasi belajar mendorong siswa untuk berperilaku baik agar dapat mencapai tujuan belajar yang dinginkan. Dan pembentukan kedisiplinan dapat dilihat melalui materi pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dikembangkan dalam keseharian peserta didik di sekolah, melalui metode keteladanan, pembiasaan perilaku disiplin, serta memberikan nasihat serta teguran sesuai dengan kaidah serta ajaran-ajaran yang ada pada agama Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 17:03 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 17:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22868 |
Actions (login required)
View Item |