’Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Metode The Power Of Two And Four Berbantu Media Gambar Pada Siswa Kelas II Semester I MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024

Hartini, Siti (2024) ’Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Metode The Power Of Two And Four Berbantu Media Gambar Pada Siswa Kelas II Semester I MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SITI HARTINI 23040190013 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SITI HARTINI 23040190013 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SITI HARTINI 23040190013 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SITI HARTINI 23040190013 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SITI HARTINI 23040190013 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SITI HARTINI 23040190013 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SITI HARTINI 23040190013 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SITI HARTINI 23040190013 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SITI HARTINI 23040190013 PGMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SITI HARTINI 23040190013 PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa rendah. Hasil belajar merupakan hal yang penting karena sebagai acuan untuk menentukan capaian siswa dalam proses belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode the power of two and four dengan media gambar pada siswa kelas II semester I di Mi Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024 materi perkalian dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan pada kelas II MI Ma’arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo dengan jumlah 21 siswa. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan media gambar. Teknik analisis data berupa analisis data kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar matematika menggunakan metode the power of two and four dan media gambar memperoleh data sebanyak 12 siswa (57,14%) mengalami ketuntasan dan sebanyak 9 siswa (42,86%) mengalami ketidaktuntasan dengan rata-rata 80. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu seluruh seluruh siswa yang hadir berjumlah 21 siswa mengalami ketuntasan dengan rata-rata seluruhnya 85, 71. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas II Mi Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Salatiga mengalami peningkatan. Penelitian ini dapat menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya agar dapat dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan aspek-aspek yang lain maupun variable-variabel yang lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2024 19:15
Last Modified: 12 Nov 2024 19:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22870

Actions (login required)

View Item View Item