Widyaningrum, Riris (2024) KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL BERBASIS MUROTTAL AL-QUR'AN UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMP NEGERI 2 BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
RIRIS WIDYANINGRUM 23080200019.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIRIS WIDYANINGRUM 23080200019.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIRIS WIDYANINGRUM 23080200019.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIRIS WIDYANINGRUM 23080200019.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIRIS WIDYANINGRUM 23080200019.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIRIS WIDYANINGRUM 23080200019.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan; (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan layanan konseling kelompok berbasis murottal Al-Qur’an; (2) menguji efektifitas layanan konseling kelompok berbasis murottal Al-Qur’an untuk mengurangi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 2 Bawen Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitiatif kuasi ekperimen one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8A berjumlah 20 siswa, kemudian diambil sampel 8 siswa yang mengikuti ekstrakulikuler dan tingkat perilaku agresifnya tinggi menggunakan teknik purposive sampling. Pengumulan data menggunakan skala perilaku agresif. Instrumen penelitian telah di uji ahli (expert judgement) oleh dosen ahli Bimbingan dan Konseling UIN Salatiga, dan telah diuji validitas dan diuji reliabilitasnya dengan nilai Cronbanch’s Alpha 0,812 > 0,6 sehingga dapat dipercaya dan digunakan untuk mengukur perilaku agresif siswa. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, dan uji paired sample t-test. Pelaksanaan layanan konseling kelompok behavioral berbasis murottal Al-Qur’an ini dilakukan dalam 3x treatment. Pertemuan pertama dilaksanakan dengan tujuan konseli memahami konsep perilaku agresif dan mengidentifikasi perilaku agresif. Pertemuan kedua dengan tujuan konseli mampu mengeksplor akar permasalahan, menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam konseling, pada pelaksanaan pertemuan kedua, konseli diperdengarkan murottal Al-Qur’an menggunakan media audio dari handphone juga memberikan penugasan kepada konseli. Pertemuan ketiga dilakukan dengan tujuan memperkuat dan mendorong konseli untuk konsisten dalam menerapkan perilaku positif dan meninggalkan perilaku negatif ketika sedang marah dan melakukan praktek latihan asertif. Efektifitas layanan konseling kelompok berbasis murottal Al-Qur’an untuk mengurangi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 2 Bawen, dilakukan uji paired sample t-test dengan hasil Sig. (2-tailed) sebesar ,003 < 0,05 diterima dengan nilai t hitung 4,569. Sehingga layanan konseling kelompok behavioral berbasis murottal Al-Qur’an efektif untuk mengurangi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 2 Bawen Kabupaten Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 00:18 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 00:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22908 |
Actions (login required)
View Item |