Husna, Rafiqatul (2024) PENERAPAN MEDIA POP-UP PICTURE MATERI METAMORFOSIS SEMPURNA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS 4 MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DUKUH KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
RAFIQATUL HUSNA.pdf Download (3MB) |
|
Text
RAFIQATUL HUSNA.pdf Download (3MB) |
|
Text
RAFIQATUL HUSNA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Husna, Rafiqatul.2024. Penerapan Media Pop-up Picture Materi Metamorfosis Sempurna Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Skripsi, program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Drs. Abdul Syukur, M. Si. Kata kunci: Penerapan; Media Pembelajaran Pop-Up Picture; Dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) Untuk Mengetahui Bagaimana penerapan Media Pop-up Picture Materi Metamorfosis Sempurna dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 17 siswa. Terdiri dari 8 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari :Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Nilai kelompok dan Individu siswa digunakan untuk menyusun data. Observasi dan Dokumentasi dilakukan untuk mengamati bagaimana sikap siswa dikelas selama mengikuti proses pembelajaran. data di analisi menggunakan rumusan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV MI Ma’arif Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga dalam menggunakan media Pop-up Picture dalam meningkatkan Hasil belajar siswa. Peningakatan siswa yang tuntas hasil belajar ke Observasi ke Siklus I Sebesar 22%. Sedangkan siklus I ke siklus II sebesar 23%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada observasi (23%), dan Siklus I (35%), dan Siklus II (88%). Presentase tersebut menunjukkan bahwa siswa telah mencapai tingkat ketuntasan diatas nilai rata-rata setandar klasikal ≥ 85% siswa yang sudah mencapai ketuntasan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 18:25 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 18:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22918 |
Actions (login required)
View Item |